Pembelajaran Keyboard Dasar di “Sekolah Musik R-DDIV Pratama” Semarang

Idih Eko Novianto , 2501401016 (2006) Pembelajaran Keyboard Dasar di “Sekolah Musik R-DDIV Pratama” Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Pembelajaran Keyboard Dasar di “Sekolah Musik R-DDIV Pratama” Semarang) - Published Version
Download (12Kb)

    Abstract

    Idih Eko Novianto, 2006. Pembelajaran Keyboard Dasar di “Sekolah Musik R-DDIV Pratama” Semarang. Skripsi Jurusan Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Semarang. Kursus musik di “Sekolah Musik R-DDIV Pratama” Semarang menerapkan pembelajaran keyboard dasar dengan materi, metode, dan evaluasi yang disesuaikan dengan perkembangan dan karakteristik anak. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis melakukan penelitian yang berjudul Pembelajaran Keyboard Dasar di “Sekolah Musik R-DDIV Pratama” Semarang. Masalah yang diangkat yaitu tentang pembelajaran keyboard dasar di “Sekolah Musik R-DDIV Pratama” Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pembelajaran keyboard dasar di “Sekolah Musik RDDIV Pratama” Semarang. Manfaat penelitian ini adalah (1) sebagai referensi tentang pembelajaran keyboard bagi guru atau pengajar keyboard (2) sebagai masukan guna mengupayakan dan meningkatkan daya pembelajaran alat musik di “Sekolah Musik R-DDIV Pratama” Semarang. Pendekatan penelitian yang diterapkan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan pada bulan Desember 2005 sampai bulan Januari 2006 di “Sekolah Musik R-DDIV Pratama” Semarang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui 3 tahap yaitu reduksi data, sajian data, dan kesimpulan/ verifikasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi, metode, dan evaluasi pembelajaran keyboard dasar di “Sekolah Musik R-DDIV Pratama” Semarang selalu berorientasi pada karakteristik perkembangan dan kemampuan anak, selain itu pembelajaran keyboard dasar di tempat kursus musik tersebut selalu diupayakan untuk membantu, membimbing, mengarahkan, dan menggali potensi siswa. Berdasarkan hasil penelitian disarankan: (1) Materi tangga nada yang digunakan dalam pembelajaran keyboard dasar dapat ditambah dengan yang lain dan dalam pemberian materi hendaknya menggunakan notasi balok. (2) Pengajar harus bisa lebih serius, sehingga anak bisa lebih konsentrasi dalam pembelajaran. (3) Penilaian akhir atau evaluasi hendaknya dilakukan dua kali dalam satu tahun atau enam bulan sekali dan lebih mengutamakan kemampuan dan keterampilan siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 18 Sep 2011 23:34
    Last Modified: 18 Sep 2011 23:35

    Actions (login required)

    View Item