KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS EKONOMI SISWA IPS SMA TEUKU UMAR SEMARANG


Mulyani Indah Lestari, 7101416032 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS EKONOMI SISWA IPS SMA TEUKU UMAR SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416032.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan model pembelajaran Group Investigation yaitu dengan membentuk kelas eksperimen menjadi beberapa kelompok kecil untuk melakukan investigasi. Model pembelajaran Group Investigation diharapkan dapat melatih kemampuan peserta didik untuk menganalisis suatu permasalahan dengan memberikan argumen, menjelaskan suatu perbandingan dan membuat suatu kesimpulan terhadap persoalan yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan model pembelajaran group Investigation terhadap kemampuan berpikir kritis ekonomi siswa kelas X IPS SMA Teuku Umar Semarang. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Quasi Exsperimental. Lokasi penelitian di SMA Teuku Umar Semarang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Teuku Umar Semarang, yaitu sebanyak 105 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPS 1 dan X IPS 2 SMA Teuku Umar Semarang yang berjumlah 71 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dengan menerapkan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis menggunakan uji paired sample t test dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Group Investigation efektif terhadap kemampuan berpikir kritis ekonomi siswa IPS SMA Teuku Umar Semarang. Rata-rata hasil tes akhir sebesar 80,00 dengan persentase ketuntasan pembelajaran sebesar 83,33% dan rata-rata aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 69,33% artinya aktivitas belajar yang dimiliki siswa pada kelas eksperimen termasuk dalam kategori aktif. Saran dari penelitian ini, guru mata pelajaran ekonomi diharapkan melakukan evaluasi terhadap model pembelajaran yang telah diterapkan di dalam kelas serta dapat mempertimbangkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation untuk materi yang membutuhkan pemahaman lebih tinggi dalam menganalisis dan memecahkan masalah. Terkait siswa diharapkan lebih berani untuk bertanya dan mengemukakan pendapatnya dalam berdiskusi kelompok maupun diskusi kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Kemampuan Berpikir Kritis, Group Investigation
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > Educational Institutions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 18 Nov 2020 02:17
Last Modified: 18 Nov 2020 02:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41449

Actions (login required)

View Item View Item