PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, LINGKUNGAN KELUARGA DAN SELF EFFICACY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK NEGERI 1 PURWODADI GROBOGAN


Nova Safera Ningrum, 7101416010 (2020) PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, LINGKUNGAN KELUARGA DAN SELF EFFICACY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK NEGERI 1 PURWODADI GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416010.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Minat berwirausaha adalah keinginan atau ketertarikan seseorang untuk menciptakan sebuah usaha melalui ide-ide kreatif dan inovatif serta berani mengambil risiko dan memberikan perhatian yang lebih besar terhadap usaha yang akan dijalaninya. Kewirausahaan sangat penting bagi siswa SMK sebagai alternatif pilihan karir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pendidikan kewirausahaan, lingkungan keluarga dan self efficacy berpengaruh terhadap minat berwirausaha siswa SMK Negeri 1 Purwodadi Grobogan baik secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Purwodadi Grobogan dengan jumlah sampel sebanyak 234 responden. Metode pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling melalui teknik pengambilan sampel incidental sampling. Alat pengumpulan data menggunakan angket. Data kemudian dianalisis dengan metode analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan, lingkungan keluarga, dan self efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha siswa secara simultan, hasil analisis deskriptif dalam kategori tinggi (42,18%). Secara parsial pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha siswa, hasil analisis deskriptif dalam kategori baik (32,83%). Lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha siswa, hasil analisis deskriptif dalam kategori sangat baik (69,59%). Self efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha siswa, hasil analisis deskriptif dalam kategori tinggi (40,90%). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pendidikan kewirausahaan, lingkungan keluarga dan self efficacy berpengaruh secara simultan maupun secara parsial terhadap minat berwirausaha siswa SMK Negeri 1 Purwodadi Grobogan. Saran untuk memaksimalkan minat berwirausaha siswa yaitu siswa diharapkan dapat aktif dalam menemukan peluang-peluang bisnis untuk dapat menciptakan lapangan pekerjaan, dan meningkatkan penanaman nilai-nilai self efficacy dalam proses pembelajaran kewirausahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Berwirausaha, Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Self Efficacy.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 18 Nov 2020 01:56
Last Modified: 18 Nov 2020 01:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41446

Actions (login required)

View Item View Item