ANALISIS DIGITAL FORENSIK PERILAKU PLAGIARISME PEMBUATAN MAKALAH MAHASISWA KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN ANGKATAN 2018 MENGGUNAKAN SMALLSEOTOOL


Adidtia Ari Kuncoro, 1102413042 (2020) ANALISIS DIGITAL FORENSIK PERILAKU PLAGIARISME PEMBUATAN MAKALAH MAHASISWA KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN ANGKATAN 2018 MENGGUNAKAN SMALLSEOTOOL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS DIGITAL FORENSIK PERILAKU PLAGIARISME PEMBUATAN MAKALAH MAHASISWA KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN ANGKATAN 2018 MENGGUNAKAN SMALLSEOTOOL]
Preview
PDF (ANALISIS DIGITAL FORENSIK PERILAKU PLAGIARISME PEMBUATAN MAKALAH MAHASISWA KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN ANGKATAN 2018 MENGGUNAKAN SMALLSEOTOOL)
Download (3MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Kuncoro, Adidtia Ari. 2020. “Analisis Digital Forensik Perilaku Plagiarisme Pembuatan Makalah Mahasiswa Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Angkatan 2018 Menggunakan SmallSEOTools”. Skripsi. Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Drs. Sugeng Purwanto, M.Pd.. Kata Kunci: Analisis, Digital Forensik, Plagiarisme, Makalah, SmallSEOTools Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk tindak plagiat yang dilakukan mahasiswa Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan dalam Mata Kuliah Penulisan Karya Ilmiah khususnya tugas pembuatan makalah. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini beberapa mahasiswa Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan angkatan 2018 dan diambil beberapa juga tugas makalah mahasiswa itu tersebut. Dalam penelitian ini peneliti fokus menganalisis bentuk plagiat pada makalah mahasiswa dengan menggunakan teknik analisis data dengan menggunakan bantuan software http://www.smallseotools.com/ untuk mengetahui bentuk plagiat. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan wawancara. Pada makalah pertama yang diteliti, teridentifikasi Plagiat 29% dan memiliki tingkat keunikan sebanyak 71%. Pada makalah kedua yang diteliti, teridentifikasi Plagiat sebanyak 69% dan memiliki tingkat keunikan 31%. Namun, pada makalah ketiga yang diteliti diidentifikasi Plagiat 8% dan memiliki keunikan sebanyak 92%. Kesimpulannya bahwa masih terdapat tindakan plagiarisme mahasiswa pada jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan angkatan 2018 dalam mengerjakan tugas makalah mata kuliah Penulisan Karya Ilmiah. Plagiarisme yang dilakukan oleh mahasiswa Kurikulum dan Teknologi angkatan 2018 dalam mengerjakan tugas makalah ini bukanlah tanpa sebab, melainkan dikarenakan oleh Kemudahan teknologi informasi yang dapat diakses dan tingginya volume tugas perkuliahan yang dibebankan kepada mahasiswa. Bentuk-bentuk plagiarisme yang dilakukan adalah: 1) Mengambil ide pokok tulisan kemudian menukar dengan bahasa sendiri, (2) Tulisan yang diambil tersebut diakui sebagai tulisan sendiri, (3) Mengambil semua teks, namun tetap mencantumkan sumbernya. Saran bagi mahasiswa, agar dapat belajar menulis dengan baik dan benar maka program ini bisa menjadi tolok ukur tingkat plagiarisme pada tulisan. Selain itu juga melatih mahasiswa untuk belajar parafrase dan juga cara melakukan sitasi dengan benar agar tidak terindikasi sebagai plagiat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Analisis, Digital Forensik, Plagiarisme, Makalah, SmallSEOTools
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 17 Nov 2020 08:46
Last Modified: 17 Nov 2020 23:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41444

Actions (login required)

View Item View Item