PENGARUH KESESUAIAN HARGA DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN BRT (BUS RAPID TRANSIT) TRANS SEMARANG MELALUI KUALITAS LAYANAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING


Hidayatul Hasanah, 7101416285 (2020) PENGARUH KESESUAIAN HARGA DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN BRT (BUS RAPID TRANSIT) TRANS SEMARANG MELALUI KUALITAS LAYANAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KESESUAIAN HARGA DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN BRT (BUS RAPID TRANSIT)  TRANS SEMARANG MELALUI KUALITAS LAYANAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING]
Preview
PDF (PENGARUH KESESUAIAN HARGA DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN BRT (BUS RAPID TRANSIT) TRANS SEMARANG MELALUI KUALITAS LAYANAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Hasanah, Hidayatul 2020. Pengaruh Kesesuaian Harga dan Fasilitas terhadap Kepuasan konsumen BRT (Bus Rapid Transit) Trans Semarang melalui Kualitas Layanan sebagai Variabel Intervening. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Wijang Sakitri S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Kesesuaian Harga, Fasilitas, Kualitas Layanan, Kepuasan Konsumen BRT (Bus Rapid Transit) Trans Semarang sebagai transportasi umum di Semarang dirancang oleh pemerintah agar dapat mempermudah masyarakatnya dalam melakukan mobilitas setiap harinya, selain itu juga agar dapat mengurangi kemacetan di Semarang. Namun berdasarkan hasil observasi awal menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan oleh BRT Trans Semarang belum optimal, karena belum sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP). Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kesesuaian harga dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen BRT (Bus Rapid Transit) Trans Semarang melalui kualitas layanan sebagai variabel intervening. Subyek penelitian ini adalah konsumen BRT (Bus Rapid Transit) Trans Semarang tahun 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi pada penelitian ini tidak diketahui jumlahnya. Teknik sampling yang digunakan yaitu nonprobability sampling dengan sampel sebanyak 116 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kesesuaian harga tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, (2) fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, (3) kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, (4) kesesuaian harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas layanan, (5) fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas layanan, (6) kesesuaian harga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen melalui kualitas layanan, (7) fasilitas berpengaruh terhadap kepuasan konsumen melalui kualitas layanan. Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah agar BRT Trans Semarang dapat meningkatkan pelayanan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), sehingga BRT harus selalu cepat tanggap dalam memenuhi kebutuhan konsumennya. Karena hal tersebut akan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen BRT Trans Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kesesuaian Harga, Fasilitas, Kualitas Layanan, Kepuasan Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 17 Nov 2020 08:17
Last Modified: 17 Nov 2020 08:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41439

Actions (login required)

View Item View Item