ANALISIS BEHAVIORAL INTENTION DAN USE BEHAVIOR DIGITAL WALLET PADA MAHASISWA S1 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Novi Tri Utami, 7101416278 (2020) ANALISIS BEHAVIORAL INTENTION DAN USE BEHAVIOR DIGITAL WALLET PADA MAHASISWA S1 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS BEHAVIORAL INTENTION DAN USE BEHAVIOR DIGITAL WALLET PADA MAHASISWA S1 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG]
Preview
PDF (ANALISIS BEHAVIORAL INTENTION DAN USE BEHAVIOR DIGITAL WALLET PADA MAHASISWA S1 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Utami, Novi Tri. 2020. “Analisis Behavioral Intention dan Use Behavior Digital Wallet pada Mahasiswa S1 Universitas Negeri Semarang”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Ahmad Nurkhin, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Digital Wallet, Behavioral Intention, Use Behavior, UTAUT 2, Kepercayaan. Revolusi industri 4.0 menyebabkan pesatnya perkembangan teknologi dan informasi, termasuk pada industri keuangan ditandai dengan adanya financial technology atau fintech. Layanan fintech yang memiliki tingkat pemakaian tertinggi adalah digital wallet dengan presentase pemakaian sebesar 82,7%. Tingginya tingkat pemakaian digital wallet tersebut berbeda dengan tingkat penggunaan internet guna transaksi keuangan yaitu sebesar 0,1%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi niat dan perilaku penggunaan digital wallet pada mahasiswa S1 UNNES menggunakan modifikasi UTAUT2. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa S1 UNNES pengguna digital wallet yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Jumlah sampel sebanyak 155 mahasiswa yang dihitung menggunakan rumus Hair et al. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling insidental. Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan SEM-PLS. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa variabel behavioral intention, ekspektasi kinerja, ekspetasi usaha, kondisi yang memfasilitasi, motivasi hedonis dan nilai harga masuk kategori tinggi, namun variabel pengaruh sosial, kebiasaan, dan kepercayaan masuk kategori cukup dan perilaku penggunaan dalam kategori sangat rendah. Hasil uji direct effect menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan ekspektasi kinerja, kondisi yang memfasilitasi, motivasi hedonis, kebiasaan, dan kepercayaan terhadap niat menggunakan. Tidak ada pengaruh ekspektasi usaha, pengaruh sosial dan nilai harga terhadap niat menggunakan. Tidak ada pengaruh kondisi yang memfasilitasi terhadap perilaku penggunaan. Terdapat pengaruh positif dan signifikan kebiasaan dan niat menggunakan terhadap perilaku penggunaan. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa ekspektasi kinerja, kondisi yang memfasilitasi, motivasi hedonis, kebiasaan, dan kepercayaan terhadap niat menggunakan. Tidak adanya pengaruh ekspektasi usaha, pengaruh sosial dan nilai harga terhadap niat menggunakan. Kondisi yang memfasilitasi tidak berpengaruh terhadap perilaku penggunaan. Terdapat pengaruh positif dan signifikan kebiasaan dan niat menggunakan terhadap perilaku penggunaan Saran untuk penelitian ini adalah agar penyedia digital wallet selalu meningkatkan kinerja dan layanan berdasarkan penilaian pengguna serta memaksimalkan sosial media dalam mengenalkan digital wallet sehingga dapat meningkatkan niat penggunaan digital wallet pada para pengguna.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Digital Wallet, Behavioral Intention, Use Behavior, UTAUT 2, Kepercayaan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 17 Nov 2020 08:14
Last Modified: 17 Nov 2020 08:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41438

Actions (login required)

View Item View Item