PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR DI SMA NEGERI 1 GOMBONG DAN SMA NEGERI 1 PETANAHAN PASCA IMPLEMENTASI SISTEM ZONASI


Anisa Wiji Astuti, 7101416151 (2020) PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR DI SMA NEGERI 1 GOMBONG DAN SMA NEGERI 1 PETANAHAN PASCA IMPLEMENTASI SISTEM ZONASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR DI SMA NEGERI 1 GOMBONG DAN SMA NEGERI 1 PETANAHAN PASCA IMPLEMENTASI SISTEM ZONASI]
Preview
PDF (PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR DI SMA NEGERI 1 GOMBONG DAN SMA NEGERI 1 PETANAHAN PASCA IMPLEMENTASI SISTEM ZONASI)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Astuti, Anisa Wiji. 2020. “Perbandingan Prestasi Belajar di SMA Negeri 1 Gombong dan SMA Negeri 1 Petanahan Pasca Implementasi Sistem Zonasi”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing : Dr. Jarot Tri Bowo Santoso, S.Pd., M.Si. Kata Kunci : Sistem Zonasi, Prestasi Belajar Prestasi belajar adalah tolak ukur berhasil atau tidaknya suatu proses pendidikan. Pendidikan di Indonesia mengalami ketidakmerataan layanan pendidikan, ketidakmerataan lingkungan sekolah dan adanya perspektif favoritisme. Untuk mengatasi ketidakmerataan dan perpektif tersebut, pemerintah membuat peraturan sistem zonasi pada peneriamaan peserta didik baru. Peraturan ini menimbulkan pro dan kontra dalam masyarakat, selain itu peraturan ini berdampak pada guru yang mengeluhkan kualitas peserta didik setelah adanya sistem zonasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh sistem zonasi dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan desain penelitian menggunakan metode komparatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI tahun pelajaran 2019/2020 SMA Negeri 1 Petanahan dan SMA Negeri 1 Gombong sebanyak 504 peserta didik dan diambil sampel sebanyak 223 peserta didik. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan cara proportional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, independent sample T-test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara SMA Negeri 1 Gombong dan SMA Negeri 1 Petanahan pasca implementasi sistem zonasi sekolah. Sistem zonasi tidak dapat memeratakan prestasi belajar di sekolah yang berstatus favorit dalam penelitian ini SMA Negeri 1 Gombong dan sekolah tidak favorit dalam penelitian ini SMA Negeri 1 Petanahan. Simpulan penelitian ini yaitu setelah diimplementasikannya sistem zonasi dalam dunia pendidikan di Indonesia mengakibatkan prestasi belajar di SMA Negeri 1 Gombong dan SMA Negeri 1 Petanahan belum memiliki kategori sama. Kebijakan sistem zonasi belum berhasil memeratakan kualitas di setiap sekolah. Saran dalam penelitian ini, sekolah Perlu diperbaikinya pembagian zona sekolah guna memperbaiki ketimpangan kuota peserta didik yang masih terjadi dan sekolah juga perlu memperbaiki lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Sistem Zonasi, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > school environment
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 17 Nov 2020 08:03
Last Modified: 17 Nov 2020 08:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41435

Actions (login required)

View Item View Item