PENGEMBANGAN BUKU PELENGKAP BAHASA PRANCIS SMA KELAS X SEMESTER 1 UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS BERBASIS KOMPETENSI DASAR KURIKULUM 2013


Afrida Nazlul Aini, 2301413019 (2020) PENGEMBANGAN BUKU PELENGKAP BAHASA PRANCIS SMA KELAS X SEMESTER 1 UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS BERBASIS KOMPETENSI DASAR KURIKULUM 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU PELENGKAP BAHASA PRANCIS SMA KELAS X SEMESTER 1 UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS BERBASIS KOMPETENSI DASAR KURIKULUM 2013]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PELENGKAP BAHASA PRANCIS SMA KELAS X SEMESTER 1 UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS BERBASIS KOMPETENSI DASAR KURIKULUM 2013)
Download (4MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Aini, Afrida Nazlul. 2020. Pengembangan Buku Pelengkap Bahasa Prancis SMA Kelas X Semester 1 untuk Keterampilan Membaca dan Menulis Berdasarkan Kurikulum 2013. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Asing. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Dr. Sudarwoto, M.Pd. dan Neli Purwani, S.Pd., M.A. Kata kunci: Buku Pelengkap, Kurikulum 2013, Bahasa Prancis Buku pelengkap dalam penelitian ini adalah pelengkap buku pelengkap pembelajaran. Buku pelengkap berfungsi melengkapi atau memperkaya materi pelajaran yang ada di buku pelajaran utama. Buku pelengkap perlu dikembangkan mengingat implementasi kurikulum 2013 membutuhkan banyak sumber belajar/referensi selain buku-buku teks pelajaran. Peneliti menemukan kurangnya penggunaan sumber belajar/referensi pada Mata Pelajaran Bahasa Prancis di SMA di Jawa Tengah. Berdasarkan keadaan lapangan ini, peneliti mengembangkan buku pelengkap Bahasa Prancis SMA yang berdasarkan materi kurikulum 2013 pada keterampilan membaca dan menulis. Keterampilan menulis adalah keterampilan bahasa yang paling kompleks dipelajari, dan keterampilan membaca tidak dapat dipisahkan dalam pembelajaran keterampilan menulis. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apa sajakah yang dibutuhkan siswa dalam suatu buku suplemen Bahasa Prancis di SMA pada keterampilan membaca dan menulis dan bagaimana wujud dari pengembangan buku suplemen Bahasa Prancis SMA Kelas X untuk keterampilan membaca dan menulis berdasarkan Kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa saja yang dibutuhkan siswa dalam suatu buku suplemen Bahasa Prancis di SMA pada keterampilan membaca dan menulis, dan mendeskripsikan wujud dari pengembangan buku suplemen Bahasa Prancis SMA Kelas X untuk keterampilan membaca dan menulis berdasarkan Kurikulum 2013. Penulis mengembangkan buku supelemen ini dengan melakukan penelitian pengembangan (RnD) dengan langkah-langkah yaitu merumuskan potensi dan masalah, mengumpulkan data, membuat desain produk, validasi desain produk dan revisi desain. Hasil penelitian ini adalah produk berupa Buku Suplemen Bahasa Prancis SMA Kelas X Semester 1 untuk keterampilan membaca dan menulis. Terdapat tujuh klasifikasi penyajian materi buku yaitu: matière, question, stratégie, information, exemple et application, tache, dan exercise et évaluation. Materi yang disajikan berdasarkan Kompetensi Dasar (KD) kurikulum 2013. Produk yang sudah dibuat, diajukan kepada ahli untuk divalidasi. Peneliti mendapatkan masukan dari validator, kemudian produk direvisi sesuai masukan yang diterima.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Buku Pelengkap, Kurikulum 2013, Bahasa Prancis
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 17 Nov 2020 07:44
Last Modified: 17 Nov 2020 07:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41431

Actions (login required)

View Item View Item