PEMBELAJARAN MENGGAMBAR MANGA PADA LEMBAGA KURSUS OHAYO DRAWING SCHOOL SEMARANG


Titik Anggarida, 2401414029 (2020) PEMBELAJARAN MENGGAMBAR MANGA PADA LEMBAGA KURSUS OHAYO DRAWING SCHOOL SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PEMBELAJARAN MENGGAMBAR MANGA PADA LEMBAGA KURSUS OHAYO DRAWING SCHOOL SEMARANG]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN MENGGAMBAR MANGA PADA LEMBAGA KURSUS OHAYO DRAWING SCHOOL SEMARANG) - Updated Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian meliputi (1) Bagaimana struktur (subject matter) pembelajaran menggambar di lembaga kursus Ohayo Drawing School Semarang? (2) Menjelaskan proses berkarya dalam kompetensi pembelajaran menggambar manga pada Ohayo Drawing School? (3) Bagaimana karya hasil pembelajaran menggambar manga pada lembaga kursus Ohayo Drawing School? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di lembaga kursus Ohayo Drawing School Semarang. Data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi, penyajian dan verifikasi karya yang dihasilkan anak-anak di lembaga kursus Ohayo Drawing School Semarang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dikemukakan simpulan sebagai berikut: Pertama, Upaya pembelajaran menggambar manga di lembaga kursus Ohayo Drawing School, dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu kegiatan persiapan mengajar, pelaksanaan, dan hasil penelitian. Pelaksanaan pembelajaran menggambar manga berlangsung selama satu sampai dua jam dan harus selesai sesuai dengan progeress lembaga kursus Ohayo Drawing School, dengan tujuan agar murid dapat menggambar dengan cepat dan tepat untuk kedepanya. Hasil kreativitas siswa memiliki karakteristik masing-masing sesuai dengan tahapan usia, namaun di lembaga kursus Ohayo Drawing School anak-anak dididik secara khusus dan terarah dengan modul yang ada pada lembaga kursus Ohayo. Murid hanya dapat menggambar bebas sesuai keinginanya dan karakteristiknya dalam dua minggu sekali dan berpatokan pada tema yang diberikan oleh lembaga kursus Ohayo, dengan tujuan agar murid tidak bosan dan pemebelajaran tidak monoton. Saran yang dapat diajukan adalah Ohayo Drawing School seharusnya memberikan alat-alat yang lebih lengkap di tempat kursus, agar ketika siswa lupa membawa peralatan untuk menggambar siswa tetap dapat mengikuti pembelajaran di lembaga kursus Ohayo. Sebagai lembaga kursus yang besar setidanya Ohayo menyediakan genset demi kelancaran belajar murid, jadi tidak kesusahan saat belajar karena minimnya pencahayaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Menggambar, Pembelajaran Menggambar Manga, Sejarah Manga,Sejarah Ohayo Drawing School, Belajar dan Pembelajaran
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 17 Nov 2020 06:33
Last Modified: 17 Nov 2020 06:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41420

Actions (login required)

View Item View Item