PERAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) SEJARAH DALAM PERUBAHAN SOSIAL DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN SEJARAH DI KABUPATEN BLORA


Fara Anisa Berliana Paramadina, 3101416062 (2020) PERAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) SEJARAH DALAM PERUBAHAN SOSIAL DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN SEJARAH DI KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PERAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) SEJARAH DALAM PERUBAHAN SOSIAL DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN SEJARAH DI KABUPATEN BLORA]
Preview
PDF (PERAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) SEJARAH DALAM PERUBAHAN SOSIAL DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN SEJARAH DI KABUPATEN BLORA) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) sejarah merupakan suatu organisasi yang menaungi perkumpulan guru mata pelajaran sejarah. MGMP sejarah memiliki program kerja yang sudah ditentukan dan dibuat berdasarkan kesepakatan dan kebutuhan, program kerja yang dimiliki oleh MGMP sejarah ini mampu mengembangkan pembelajaran menjadi lebih mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Perubahan-perubahan sosial yang terjadi terhadap guru sejarah dari peranan yang dilakukan oleh MGMP sejarah. (2) Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sejarah dalam pengembangan pembelajaran sejarah. (3) Kendala yang dihadapi oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) sejarah dalam mengembangkan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, karena penyajian datanya dalam bentuk kata-kata naratif. Data yang digali dalam rumusan masalah yang diangkat adalah nomena dan tersembunyi. Informan dalam penelitian ini adalah anggota dari MGMP sejarah Kabupaten Blora. Teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan yaitu secara interaktif dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah; 1) Guru yang tergabung di dalam MGMP sejarah memiliki perubahan-perubahan sosial dikarenakan anggota MGMP menjadi memiliki pengalaman, pengetahuan di dalam MGMP sejarah mengenai berbagai informasi terkini didalam wadah MGMP tersebut. 2) Peran MGMP sejarah dalam mengembangkan pembelajaran di kabupaten Blora sudah dilakukan dengan menjalankan program kerja dan kegiatan. Pelaksanaan pembelajaran lebih interaktif, inspiratif, menantang, menyenangkan dan memotivasi peserta didik untuk dapat berpartisipasi aktif. (3) Kendala yang dihadapi oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dalam mengembangkan materi pembelajaran adalah jarak, waktu, motivasi dalam mengikuti MGMP dan permasalahan dalam pendanaan. Dari hasil penelitian ini saran yang diberikan adalah mengaktifkan kartu aktif guru, kartu aktif guru ini dapat digunakan sebagai penilaian kinerja dan angka kredit guru. Serta memaksimalkan komunikasi kepada anggota MGMP sejarah dengan menggunakan aplikasi rapat dalam jaringan (daring) sehingga MGMP dapat berjalan dengan maksimal karena menghemat waktu, jarak, dan dana.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: MGMP, Guru Sejarah, dan Pengembangan Pembelajaran Sejarah
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 17 Nov 2020 03:43
Last Modified: 17 Nov 2020 03:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41419

Actions (login required)

View Item View Item