TINGKAT PEMAHAMAN SEJARAH SISWA TENTANG NILAI-NILAI KEPAHLAWANAN JENDERAL SOEDIRMAN DI SMA ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA TAHUN AJARAN 2019/2020
Ari Rismawanto, 3101416046 (2020) TINGKAT PEMAHAMAN SEJARAH SISWA TENTANG NILAI-NILAI KEPAHLAWANAN JENDERAL SOEDIRMAN DI SMA ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA TAHUN AJARAN 2019/2020. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (TINGKAT PEMAHAMAN SEJARAH SISWA TENTANG NILAI-NILAI KEPAHLAWANAN JENDERAL SOEDIRMAN DI SMA ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA TAHUN AJARAN 2019/2020)
- Published Version
Download (5MB) | Preview |
Abstract
sejarah tentang nilai-nilai kepahlawnaan Jenderal Soedirman merupakan hal yang sangat penting untuk diterapkan dalam membentuk dan membangun kepribadian yang baik bagi peserta didik, karena pada era sekarang ini siswa lebih cenderung lupa akan sejarah bangsanya, terutama sebagian besar adalah pahlawanan yang telah memperjuangkan dan mempertahankan Kemerdekaan Indonesia. Pemahaman sejarah siswa tentang nilai-nilai kepahlawanan Jenderal Soedirman, dapat membuat siswa semakin memahami bagaimana kontribusi seorang pahlawan dalam usaha Kemerdekaan Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa tinggi tingkat pemahaman sejarah siswa tentang nilai-nilai kepahlawanan Jenderal Soedirman di SMA Islam Sudirman Ambarawa. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan analisis deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah SMA Islam Sudirman Ambarawa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Islam Sudirman Ambarawa yang berjumlah 110 siswa dibagi untuk uji coba 50 siswa dan penelitian 60 siswa. Variable dalam penelitian ini terdiri dari satu variable yaitu pemahaman sejarah. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan skala guttman dan kemudian dianalisis menggunakan rumus deskriptif persentase. Adapun dalam penelitian ini terdiri dari 4 Indikator yang mencakup biografi Jenderal Soedirman, peranan Jenderal Soedirman, nilai-nilai kepahlawanan Jenderal Soedirman dan menjaga warisan Jenderal Soedirman. Serta ada 4 aspek pemahaman yang mencakup menjelaskan, mencontohkan, merangkum, dan menyimpulkan. Hasil penelitian berdasarkan analisis deskriptif menunjukan bahwa untuk hasil pemahaman sejarah tentang Jenderal Soedirman yaitu diperoleh 54,5% yang terbagi dalam indikator biografi 58% dan peranan Jenderal Soedirman 51%.untuk tingkat pemahaman nilai-nilai kepahlawanan Jenderal Soedirman diperoleh hasil 69,5% yang terbagi dalam indikator nilai-nilai keteladanan 62% dan menjaga warisan Jenderal Soedirman 77%. Untuk aspek pemahaman, aspek menjelaskan mendapatkan persentase tertinggi yaitu 63%, untuk tinggi kedua aspek menyimpulkan 62%, ketiga aspek mencontohkan 61% dan terendah aspek merangkum 53%. Untuk siswa dalam aspek pemahaman sejarah Jenderal Soedirman diperoleh hasil 41,7% siswa mendapatkan jawaban kurang baik. Sedangkan untuk pemahaman nilai-nilai kepahlawanan Jenderal Soedirman diperoleh hasil 32,5% siswa mendapatkan nilai cukup baik. Secara keseluruhan didapatkan hasil bahwa pemahaman tentang nilai-nilai kepahlawan Jenderal Soedirman cukup baik dibandingkan dengan pemahaman sejarah tentang Jenderal Soedirman.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman sejarah, Nilai-nilai Kepahlawanan, Soedirman |
Subjects: | L Education > Special Education > History Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 17 Nov 2020 03:24 |
Last Modified: | 17 Nov 2020 03:24 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41417 |
Actions (login required)
View Item |