IMPLEMENTASI NILAI BUDAYA BAHARI PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMA NEGERI 2 TEGAL


Intan Wulandari, 3101416043 (2020) IMPLEMENTASI NILAI BUDAYA BAHARI PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMA NEGERI 2 TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of IMPLEMENTASI NILAI BUDAYA BAHARI PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMA NEGERI 2 TEGAL]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI NILAI BUDAYA BAHARI PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMA NEGERI 2 TEGAL) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Budaya bahari merupakan kebiasaan masyarakat yang berada di pesisir atau laut. Dalam budaya bahari tentunya ada nilai-nilai yang selalu di junjung oleh masyarakat. Nilai budaya bahari ini perlu dilestarikan oleh semua masyarakat sebagai identitas sebuah daerah khususnya peserta didik karena generasi penerus bangsa. Penanaman nilai budaya bahari salah satunya melalui pendidikan terutama pembelajaran sejarah. Sehingga tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisa implementasi nilai budaya bahari pada pembelajaran sejarah kelas X di SMA Negeri 2 Tegal (2) mengetahui implementasi nilai budaya bahari pada pembelajaran sejarah kelas X di SMA Negeri 2 Tegal, (3) mengetahui kendala dalam implementasi nilai budaya bahari pada pembelajaran sejarah kelas X di SMA Negeri 2 Tegal. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus pada SMA Negeri 2 Tegal. Sumber data yang digunakan dalam penelitian adalah informan, dokumen, dan aktivitas. Informan dalam penelitian ini adalah guru sejarah dan peserta didik SMA Negeri 2 Tegal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Uji keabsahan dilakukan menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Sedangkan untuk analisis data menggunakan model interaktif dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) implementasi nilai budaya bahari pada pembelajaran sejarah dilakukan guru secara tidak langsung, melainkan melalui tugas-tugas yang diberikan sehingga pemahaman budaya bahari beserta nilai-nilainya berbeda-beda. (2) Strategi yang digunakan guru dalam implementasi nilai budaya bahari setiap kelas menggunakan strategi yang sama, padahal karakter setiap peserta didik di setiap kelas berbeda. (3) Kendala dalam penelitian cukup banyak dari pembelajaran, peserta didik, fasilitas, serta lingkungan sekolah. Saran yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut, (1) peserta didik diharapkan mencerminkan perilaku nilai budaya bahari baik di kehidupan sekolah maupun di luar sekolah, (2) Guru diharapkan mengembangkan strategi pembelajaran di setiap kelas, agar setiap kelas mendapatkan strategi yang berbeda-beda. Guru juga diharapkan mencantumkan budaya bahari dan nilainilainya ke dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). (3) sekolah diharapkan menyusun kebijakan yang mendukung pembelajaran berbasis maritim karena lokasi sekolah berada di pesisir.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nilai Budaya Bahari, Pembelajaran Sejarah.
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 17 Nov 2020 03:22
Last Modified: 17 Nov 2020 03:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41416

Actions (login required)

View Item View Item