PENANAMAN NILAI-NILAI NASIONALISME DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS X SMK TEUKU UMAR SEMARANG


Eva Lilis Sulistyana, 3101416033 (2020) PENANAMAN NILAI-NILAI NASIONALISME DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS X SMK TEUKU UMAR SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENANAMAN NILAI-NILAI NASIONALISME DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS X SMK TEUKU UMAR SEMARANG]
Preview
PDF (PENANAMAN NILAI-NILAI NASIONALISME DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS X SMK TEUKU UMAR SEMARANG) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penanaman nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran sejarah merupakan hal yang sangat penting diterapkan di era globalisasi ini. Perkembangan teknologi membawa dampak positif dan negatif. Salah satu dampak negatif yang ditimbulkan adalah minat generasi muda terhadap kebudayaan sendiri mulai memudar dan mengakibatkan bergesernya nilai dalam kehidupan baik pribadi maupun bermasyarakat. Penanaman nilai nasionalisme dapat menjadi contoh untuk membentuk karakter bangsa yang sesuia dengan identitas bangsa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui strategi penanaman nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran sejarah (2) Untuk mengetahui proses penanaman nilai-nilai nasionalisme (3) Untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi saat proses penanaman nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran sejarah. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan strategi fenomenologi. Lokasi penelitian adalah SMK Teuku Umar Semarang. Sumber data yang digunakan adalah informan dari wakil kepala sekolah; guru sejarah; dan siswa, aktivitas pembelajaran sejarah dan kajian dokumen perangkat pembelajaran sejarah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian serta verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Strategi penanaman nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran sejarah kelas X SMK Teuku Umar Semarang pada perencaan, pelaksanaan serta evaluasi pembelajaran masih diperlukan perbaikan kembali karena beberapa faktor penghambat seperti media dan sumber yang masih kurang. (2) Beberapa nilai yang ditanamkan dalam proses penanaman nilai nasionalisme di antaranya cinta tanah air, persatuan dan kesatuan, rela berkorban, berani, dan disiplin. Peraturan sekolah yang ada di SMK Teuku Umar Semarang mengenai nilai-nilai nasionalisme seperti pendidikan kewiraan pada kenyataannya didukung oleh pembelajaran sejarah. Pembelajaran sejarah memberikan materi-materi tentang nilai-nilai nasionalisme sehingga siswa mampu memahami nilai tersebut dan tidak melanggar peraturan sekolah karena telah paham bukan karena rasa takut. (3) Hambatan yang dihadapi dalam penanaman nilai-nilai nasionalisme adalah sarana prasarana yang kurang mendukung serta sikap pasif siswa dalam pembelajaran serta kurangnya fokus siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penanaman, Nilai-nilai Nasionalisme, Pembelajaran Sejarah.
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 17 Nov 2020 03:18
Last Modified: 17 Nov 2020 03:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41415

Actions (login required)

View Item View Item