HUBUNGAN ANTARA USIA, JENIS KELAMIN, TINGKAT PENDIDIKAN DAN TINGKAT PENDAPATAN DENGAN LITERASI KEUANGAN PELAKU USAHA BURJO DI KAWASAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Herlan Basuki, 7101414193 (2020) HUBUNGAN ANTARA USIA, JENIS KELAMIN, TINGKAT PENDIDIKAN DAN TINGKAT PENDAPATAN DENGAN LITERASI KEUANGAN PELAKU USAHA BURJO DI KAWASAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101414193.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Literasi keuangan merupakan pengetahuan, keterampilan, dan keyakinan yang mempengaruhi sikap dan perilaku untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan dan pengelolaan keuangan dalam rangka mencapai kesejahteraan. Literasi keuangan diperlukan pelaku usaha dalam mengelola usahanya, dimana modal yang tersedia relatif kecil sehingga memerlukan pengelolaan keuangan yang tepat agar dapat berkembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan dan tingkat pendapatan dengan literasi keuangan pelaku usaha Burjo di kawasan Universitas Negeri Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku usaha Burjo di kawasan Universitas Negeri Semarang sebanyak 53 responden dan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh dengan jumlah responden sebanyak 53 pelaku usaha Burjo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa usia memiliki hubungan dengan literasi keuangan sebesar 41,7%. Jenis kelamin memiliki hubungan dengan literasi keuangan sebesar 40,8%. Tingkat pendidikan memiliki hubungan dengan literasi keuangan sebesar 44,1%. Tingkat pendapatan memiliki hubungan dengan literasi keuangan sebesar 60,5%. Saran yang diberikan yaitu perlunya kerja sama antara pemerintah, lembaga terkait dan masyarakat khususnya para pelaku usaha Burjo di kawasan Universitas Negeri Semarang dalam upaya meningkatkan literasi keuangan agar dapat menerapkan sikap perilaku keuangan secara benar guna kebutuhan di masa yang akan datang dan dapat menggunakan produk dan jasa keuangan secara tepat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan, Usia, Jenis Kelamin, Tingkat Pendidikan, Tingkat Pendapatan
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 21 Dec 2020 02:14
Last Modified: 21 Dec 2020 02:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41409

Actions (login required)

View Item View Item