PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE INTERAKTIF UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB BAGI SISWA KELAS IV


Muhammad Romadhoni, 2303413048 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE INTERAKTIF UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB BAGI SISWA KELAS IV. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE INTERAKTIF UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB BAGI SISWA KELAS IV]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE INTERAKTIF UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB BAGI SISWA KELAS IV) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa sangat berpengaruh pada penyampaian pembelajaran dan cara pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan, dalam pembelajaran dibutuhkan media pendukung untuk menunjang keberhasilan belajar. Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran yaitu media puzzle. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana analisis kebutuhan guru dan siswa bahasa Arab terhadap media puzzle interaktif untuk keterampilan membaca bahasa Arab siswa Sekolah Dasar kelas IV. Bagaimana Bagaimana prototipe media puzzle interaktif untuk keterampilan membaca bahasa Arab siswa Sekolah Dasar kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian RND (Research and Development) dengan 5 tahapan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data,desain produk, validasi desain dan revisi desain. Data diperoleh dari guru dan siswa melalui observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran menggunakan media puzzle pada siklus I dengan nilai rata-rata 69,23% (baik), sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 88,33% (sangat baik), adapun aktivitas siswa saat dilaksanakan pembelajaran menggunakan media puzzle pada siklus I dengan nilai 67,69% (baik), sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 85,0% (sangat baik). Hasil belajar siswa yang diperoleh menggunakan media puzzle pada pembelajaran bahasa Arab yaitu, siklus I memperoleh nilai rata-rata 68,18% dan nilai tersebut belum tuntas karena belum mencapai KKM yang ditetapkan, sedangkan pada siklus II penggunaan media puzzle dalam pembelajaran menunjukan sebanyak 38 siswa dengan nilai rata-rata 86,36% sudah mencapai KKM dan 6 siswa belum mencapai ketuntasan minimum. Berdasarkan hasil analisi data dapat disimpulkan bahwa penggunaan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa Arab di kelas IV Sekolah Dasar kota Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran puzzle, Puzzle Interaktif Bahasa Arab
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 17 Nov 2020 00:39
Last Modified: 17 Nov 2020 00:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41407

Actions (login required)

View Item View Item