Pengaruh nilai marjin pemasaran terhadap pendapatan pengrajin gula kelapa di Desa Karangduren, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang
Puji Astuti, 3364971594 (2005) Pengaruh nilai marjin pemasaran terhadap pendapatan pengrajin gula kelapa di Desa Karangduren, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Pengaruh nilai marjin pemasaran terhadap pendapatan pengrajin gula kelapa di Desa Karangduren, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang)
- Published Version
Download (238kB) | Preview |
Abstract
Gula kelapa merupakan hasil pertanian yang distribusinya memerlukan pihak lain yaitu pedagang perantara. Pedagang perantara mengeluarkan biaya dan menarik keuntungan yang merupakan komponen marjin pemasaran. Nilai marjin pemasaran adalah beda harga yang dibayar oleh konsumen akhir dengan harga yang diterima pengrajin dikalikan dengan jumlah yang ditransaksikan. Dilihat dari sudut produsen harga mempengaruhi pendapatan dan kelangsungan hidupnya, sedangkan dilihat dari sudut konsumen harga merupakan salah satu pertimbangan dalam menentukan jumlah produk yang akan dibeli. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh nilai marjin pemasaran terhadap pendapatan pengrajin gula kelapa di Desa Karangduren, Kecamatan Tengaran, kabupaten Semarang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh nilai marjin pemasaran terhadap pendapatan pengrajin gula kelapa di Desa Karangduren, Kecamatan Tengaran, kabupaten Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengrajin gula kelapa Desa Karangduren, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, dengan jumlah seluruhnya 603 pengrajin, pedagang pengumpul 12 orang dan pedagang pengecer 24 orang. Untuk pengrajin pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik area probability random sampling dan besarnya 10% dari jumlah populasi sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 60 pengrajin. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, metode wawancara dan studi pustaka. Metode analisis data yang digunakan yaitu metode analisis diskripsi dan metode analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa korelasi antara nilai marjin pemasaran dengan pendapatan pengrajin gula kelapa adalah rxy = 0,466. Persamaan garis yang terbentuk Y = 2,015 X + 3899,032 yang berarti bahwa kenaikan rata-rata tiap unit dari nilai marjin pemasaran yang mempengaruhi pendapatan gula kelapa adalah 2,015. Dari analisis regresi F hitung dapat diketahui bahwa ada pengaruh antara nilai marjin pemasaran terhadap pendapatan. Hal ini ditunjukkan dari perhitungan F hitung > F tabel (16,109 > 4,00). Sumbangan efektif dari variabel nilai marjin pemasaran adalah 21,7%. vii Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa ada pengaruh antara nilai marjin pemasaran terhadap pendapatan pengrajin gula kelapa di Desa Karangduren, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang sebesar 21,7%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para pengrajin gula kelapa maupun pedagang perantara, Pengrajin dalam memasarkan gula kelapa dapat memilih salah satu dari empat macam saluran pemasaran yang ada. Marjin terbesar terdapat pada saluran pemasaran dari produsen ke pedagang pengecer ke konsumen dan dari produsen ke pedagang pengumpul ke pedagang pengecer baru kemudian ke konsumen. Pengrajin gula kelapa di Desa Karangduren Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang diharapkan memilih saluran yang dari produsen ke pedagang pengumpul ke pedagang pengecer baru kemudian ke konsumen karena dengan marjin yang sama besar bagian harga yang diterima pengrajin dan harga yang dibayar konsumen sama besar tetapi dapat melibatkan dua pedagang perantara.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai Marjin Pemasaran, Pendapatan, Gula kelapa |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 28 Mar 2011 06:38 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:00 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/414 |
Actions (login required)
View Item |