KEMAMPUAN MENGAJAR MAHASISWA PPL PENDIDIKAN BAHASA JEPANG ANGKATAN 2016 UNNES DITINJAU DARI PENILAIAN GURU PAMONG DAN PENILAIAN DIRI
Fajar Rohmatulloh, 2302416031 (2020) KEMAMPUAN MENGAJAR MAHASISWA PPL PENDIDIKAN BAHASA JEPANG ANGKATAN 2016 UNNES DITINJAU DARI PENILAIAN GURU PAMONG DAN PENILAIAN DIRI. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (KEMAMPUAN MENGAJAR MAHASISWA PPL PENDIDIKAN BAHASA JEPANG ANGKATAN 2016 UNNES DITINJAU DARI PENILAIAN GURU PAMONG DAN PENILAIAN DIRI)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang bertujuan melatih mahasiswa program studi kependidikan untuk menerapkan ilmu yang telah didapat selama perkuliahan di tempat praktik (sekolah mitra) selama satu setengah bulan. Selama PPL mahasiswa menghadapi masalah seperti kurang mampu berinteraksi dengan siswa, kurang maksimal dalam menyiapkan materi untuk proses pembelajaran, grogi ketika mengajar siswa dan lain-lain. Hal tersebut bisa menghambat tercapainya tujuan pembelajaran, serta dapat mempengaruhi penilaian guru pamong terhadap kemampuan mengajar mahasiswa PPL. Penulis mengadakan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan mengajar mahasiswa PPL pendidikan bahasa Jepang angkatan 2016 UNNES berdasarkan penilaian guru pamong. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 25% dari total mahasiswa PPL pendidikan bahasa Jepang angkatan 2016. Teknik pengumpulan data menggunakan skala penilaian PPL dan angket. Hasil data yang diperoleh dianalisis dengan teknik deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa kemampuan mengajar mahasiswa PPL pendidikan bahasa Jepang angkatan 2016 UNNES berada pada kategori tinggi – sangat tinggi. Dengan rincian, berdasarkan penilaian guru pamong a) kemampuan dalam membuka pembelajaran 87%, b) kemampuan dalam kegiatan inti pembelajaran 90%, c) kemampuan dalam menutup pembelajaran 95%, d) manajemen waktu 91%. Lalu berdasarkan penilaian diri mahasiswa PPL, a) membuka pembelajaran 84%, b) kegiatan inti pembelajaran 79%, c) menutup pembelajaran 78%, d) manajemen waktu 86%. Kesimpulannya adalah kemampuan mengajar mahasiswa PPL pendidikan bahasa Jepang angkatan 2016 di atas rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, penulis mengajukan beberapa saran untuk peneliti selanjutnya dengan penelitian yang serupa. Peneliti selanjutnya bisa mengangkat kemampuan mengajar mahasiswa PPL dari sudut pandang selain guru pamong, seperti berdasarkan persepsi siswa dan penilaian dosen pembimbing. Aspek kompetensi sebagai indikator penilaian kemampuan mengajar juga bisa ditambahkan, seperti kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan mengajar, Mahasiswa PPL, Penilaian guru pamong |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 13 Nov 2020 01:26 |
Last Modified: | 13 Nov 2020 01:26 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41384 |
Actions (login required)
View Item |