PENGARUH PENERAPAN UKBM TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA JEPANG SISWA SMA 1 SALATIGA


Ayuna Dewi Ruslika, 2302415057 (2020) PENGARUH PENERAPAN UKBM TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA JEPANG SISWA SMA 1 SALATIGA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH PENERAPAN UKBM TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA JEPANG SISWA SMA 1 SALATIGA]
Preview
PDF (PENGARUH PENERAPAN UKBM TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA JEPANG SISWA SMA 1 SALATIGA) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 dianggap sebagai paradigma baru dalam pengembangan kurikulum yang memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk berekspresi, berinovasi dan berpikir, sedangkan guru memberikan motivasi serta mengarahkan proses pembelajaran untuk siswa. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah memprogramkan pengembangan naskah pendukung kurikulum 2013 yaitu Unit Kegiatan Belajar Mandiriatau (UKBM). UKBM merupakan pembelajaran yang disusun secara berurutan mulai dari yang mudah hingga yang sukar. Pada sistem UKBM ini peserta didik diberikan Buku Teks Pembelajaran atau (BTP) yaitu lembaran-lembaran yang berisi materi sesuai dengan KD yang diberikandalam pembelajaran bahasa Jepang. Salah satu sekolah yang telah menggunakan UKBM adalah SMA 1 Salatiga yang menjadi tempat penelitian. Berdasarkan wawancara, observasi dan Praktik Pengalaman Lapangan pada studi pendahuluan yang dilakukan di SMA 1 Salatiga, peneliti menemukan banyak keraguan yang dialami para guru maupun siswa dalam penerapan UKBM. Sistem UKBM ini termasuk baru diterapkan dan tidak semua sekolah menggunakan sistem UKBM sehingga terdapat siswa yang mendapat nilai rendah atau tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh sistem UKBM terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA 1 Salatiga. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif dengan responden sebanyak 73 siswa SMA 1 Salatiga dengan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Data yang diperoleh diuji menggunakan Product Moment dan menghasilkan nilai rhitung lebih besar dari rtabel untuk kesalahan 5%(0,617 > 0,227).Hasil dari perhitungan kontribusi sebesar 38%, yang dapat diartikan bahwa penerapan UKBM dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Bahasa Jepang sebesar 38%, sisanya sebesar 62% ditentukan oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Penerapan UKBM, Hasil Belajar Bahasa Jepang
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Nov 2020 01:18
Last Modified: 13 Nov 2020 01:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41382

Actions (login required)

View Item View Item