PIWULANG JAWA ANAK-ANAK SEDULUR SIKEP DI KECAMATAN SUKOLILO KABUPATEN PATI


Ery Iriyanto, 2601416078 (2020) PIWULANG JAWA ANAK-ANAK SEDULUR SIKEP DI KECAMATAN SUKOLILO KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2601416078 - Ery Iriyanto.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sedulur Sikep Sukolilo Pati masih memegang ajaran laku sikep sebagai pedoman berkehidupan sehari-hari. Salah satu ajaran tersebut, yaitu tidak menyekolahkan anak-anaknya ke sekolah formal. Mereka menganggap sekolah formal akan melunturkan laku sikep yang selama ini mereka pegang. Hal tersebut juga membuat pendidikan formal belum bisa dirasakan oleh Sedulur Sikep Sukolilo Pati hingga saat ini. Tetapi penolakan terhadap sekolah formal direspon secara positif oleh Sedulur Sikep Sukolilo Pati dengan membuat kelompok belajar yang di dalamnya memuat materi-materi tentang Jawa. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu apa sajakah materi, media, sumber belajar, metode, dan evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran piwulang Jawa anak-anak Sedulur Sikep di Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan materi, media, sumber belajar, metode, dan evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran piwulang Jawa anakanak Sedulur Sikep di Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan pendekatan teoretis dan pendekatan metodologis. Pendekatan teoretis, yaitu teori pembelajaran, sedangkan pendekatan metodologis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data penelitian berupa materi, media, sumber belajar, metode, dan evaluasi pembelajaran. Sumber data penelitian, yaitu pengajar pembelajaran piwulang Jawa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi dan wawancara tidak terstruktur. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian berupa komponen pembelajaran piwulang Jawa anakanak Sedulur Sikep Sukolilo Pati yang terdiri dari materi, media, sumber belajar, metode, dan evaluasi pembelajaran. Materi pembelajaran piwulang Jawa, meliputi materi pengetahuan, materi sikap, dan materi keterampilan. Media pembelajaran piwulang Jawa, yaitu media visual (benda mati dan benda hidup). Sumber belajar dalam pembelajaran piwulang Jawa, meliputi sumber belajar dari manusia, sumber belajar dari bahan atau materi, dan sumber belajar dari lingkungan. Metode pembelajaran piwulang Jawa, meliputi metode ceramah, metode tanya jawab, metode pemberian tugas, metode praktik, dan metode menjelajah. Evaluasi pembelajaran piwulang Jawa ada dua, yaitu evaluasi proses dan evaluasi hasil.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komponen pembelajaran, piwulang Jawa, Sedulur Sikep
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 12 Nov 2020 07:42
Last Modified: 12 Nov 2020 07:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41374

Actions (login required)

View Item View Item