PENGEMBANGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR NUSANTARA MUATAN PEBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 3 TAMANWINANGUN KABUPATEN KEBUME


Rakhmawati Nur Hidayah, 1401416428 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR NUSANTARA MUATAN PEBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 3 TAMANWINANGUN KABUPATEN KEBUME. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416428.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan dalam muatan pembelajaran IPS, yaitu media dan sumber belajar muatan pembelajaran IPS masih terbatas. Media yang tersedia untuk muatan IPS belum menyampaikan informasi secara lengkap dan guru hanya menunakan buku siswa untuk menyampaikan materi. Hal ini mengakiatkan hasil belajar siswa masih ada yang dibawah KKM. Perlu adanya perbaikan kualitas pembelajaran agar peserta didik dapat memahami maeri dengan baik. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mermuskan masalah dalam penelitian ini, yaitu; (1) Bagaimana pengembangan kartu bergambar nasional? ; (2) Bagaimana kelayakan media kartu bergambar nasional? ; (3) Bagaimana keefektifan media kartu bergambar nasional? Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media kartu bergambar nusantara materi keragaman budaya, menguji kelayakan media kartu bergambar nusantara materi keragaman budaya, dan meningkatkan keefektifan media kartu bergambar nusantara materi keragaman budaya. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development yang dikembangkan Sugiyono, dimodifikasi menjadi sembilan langkah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Teknis analisis data mengunakan deskriptif persentase, uji validitas, uji reliabilitas, dan N-gain Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media kartu bergambar nasional yang telah dikembangkan dinyatakan sangat layak oleh ahli materi dan ahli media. Kelayakan media kartu bergambar nasional dilihat dari penilaian ahli materi 87% (sangat layak), dan ahli media 89% (sangat layak). Keefektifan media kartu bergambar nasional dilihat dari hasil belajar kognitif siswa. Peningkatan hasil belajar kognitif dari rata-rata 56 menjadi 81. Dan memiliki peningkatan nilai signifikan Ngain 80,68. Diperkuat hasil angket tanggapan guru dan siswa uji skala besar memperoleh persentase 100% dan 100%. Simpulan penelitian ini adalah media kartu bergambar nasional layak dan efektif digunakan dalam muatan pemelajaran IPS materi keragaman budaya pada siswa kelas IV SDN 3 Tamanwinangun Kabupaten Kebumen. Dalam penelitian ini, peneliti juga memberikan saran agar media kartu bergambar dapat dikembangkan lagi dalam hal desain pengembangan, sehingga tingkat kebermaknaan dalam penggunaan media kartu bergambar nasional ini semangkin meningkat. Dengan inovasi-inovasi sesuai dengan perkembangan teknologi yang semakin berkembang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPS; kartu bergambar nasional; keragaman budaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 12 Nov 2020 07:16
Last Modified: 12 Nov 2020 07:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41367

Actions (login required)

View Item View Item