PENGARUH FASILITAS KANTOR, TATA RUANG KANTOR, DAN KOMPETENSI PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG


Fauzan Priambodo, 7101415282 (2020) PENGARUH FASILITAS KANTOR, TATA RUANG KANTOR, DAN KOMPETENSI PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101415282.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Pelayanan merupakan kunci keberhasilan dalam kegiatan dibidang jasa. Kualitas pelayananapabila dikelola dengan tepat akan berkontribusi positif terhadap terwujudnya kepuasan dan loyalitas masyarakat. Berdasarkan hasil observasi awal, terdapat indikator yang menunjukkan bahwa kualitas pelayanan di kantor kecamatan masih rendah dan dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti fasilitas kantor, tata ruang kantor, dan kompetensi pegawai. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pengaruh fasilitas kantor terhadap kualitas pelayanan, 2) untuk mengetahui pengaruh tata ruang kantor terhadap kualitas pelayanan, 3) untuk mengetahui pengaruh kompetensi pegawai terhadap kualitas pelayanan, dan 4) untuk mengetahui pengaruh fasilitas kantor, tata ruang kantor, dan kompetensi pegawai terhadap kualitas pelayanan di Kantor Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna layanan di Kantor Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang.Teknik pengambilan sampel insidential sampling 115 responden. Metode pengambilan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Teknik analisis menggunakan bantuan program IBM SPSS 21.0 for windows. Hasil dari penelitian menunjukkan persamaan regresi linear berganda yaitu KL = 1,250 + 0,485FK + 0,375TRK + 0,381KP + e. Hasil uji secara simultan menunjukkan pengaruh positif dan signifikan variabel fasilitas kantor, tata ruang kantor, dan kompetensi pegawai terhadap kualitas pelayanan di Kantor Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang sebesar 53,5%. Uji parsial menunjukkan adapengaruh variabel fasilitas kantorterhadap kualitas pelayanan sebesar 6,45%, tata ruang kantor sebesar 6,05%, dan kompetensi pegawai sebesar 30,1%. Saran penelitian ini adalah 1) fasilitas mesin antre, dalam kondisi yang kurang baik sebaiknya diperbaiki agar pengunjung merasa nyaman dan tertib. 2)Luas tata usaha pegawai masih terdapat dokumen yang tertumpuk dan hal tersebut sangat mengganggu mobilitas pegawai dalam melakukan pelayanan yang maksimal kepada pengunjung, perlu perapian yang memadai mengenai ruang kinerja pegawai. 3) pegawai pelayanan kethus saat menghadapi pengunjung kemudian. Pegawai kecamatan masih memmerlukan adanya pelatihan mengenai pelayanan prima dan tanggungjawab dalam menjalankan tugas pelayanan terhadap pengunjung kecamatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Kantor, Tata Ruang Kantor, Kompetensi Pegawai, Kualitas Pelayanan
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > Socio-economic
H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen Perkantoran, D3
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 12 Nov 2020 07:18
Last Modified: 12 Nov 2020 07:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41366

Actions (login required)

View Item View Item