PENGARUH PENGUATAN OLEH GURU, KOMUNIKASI INTERPERSONAL KELUARGA, LOCUS OF CONTROL, MELALUI STUDENT ENGAGEMENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK SMAN 2 PURWOKERTO TAHUN AJARAN 2019/2020
HESI AULIYANA, 7101415127 (2020) PENGARUH PENGUATAN OLEH GURU, KOMUNIKASI INTERPERSONAL KELUARGA, LOCUS OF CONTROL, MELALUI STUDENT ENGAGEMENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK SMAN 2 PURWOKERTO TAHUN AJARAN 2019/2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Prestasi belajar ekonomi merupakan penguasaan pengetahuan, keterampilan ekonomi yang diukur melalui hasil tes peserta didik. Peserta didik SMAN 2 Purwokerto memiliki nilai Un tertinggi pada tahun 2019. Peserta didik mencapai prestasi belajar ekonomi diperlukan dukungan dari orang-orang sekitar peserta didik dan juga faktor dari dalam diri peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel pemberian penguatan oleh guru, komunikasi interpersonal keluarga, locus of control melalui student engagement terhadap prestasi belajar ekonomi peserta didik SMAN 2 Purwokerto tahun Ajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian adalah peserta didik kelas XI IPS dan kelas XII IPS SMAN 2 Purwokerto. Pengumpulan data menggunakan teknik angket. Analisi data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis jalur dan sobel test dengan menggunakan software IBM SPSS Statistics 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa penguatan oleh guru tidak memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap prestasi belajar ekonomi. Komunikasi interpersonal keluarga berpengaruh sebesar 4,1% terhadap prestasi belajar ekonomi, Locus Of Control berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 3,3% dan Student Engagement berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 4,6%. Pemberian Penguatan oleh guru berpengaruh terhadap Student engagement sebesar 10,43%, Komunikasi Interpersonal Keluarga berpengaruh terhadap Student engagement sebesar 5,6%, Locus Of Control berpengaruh terhadap Student engagement sebesar 26,1%. Student Engagement memediasi pengaruh penguatan oleh guru terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 2,6%, Student Engagement memediasi pengaruh komunikasi interpersonal keluarga terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 3,4% dan Student Engagement memediasi pengaruh locus of control terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 15,6%. Kesimpulan penelitian ini adalah Komunikasi interpersonal keluarga, locus of control dan Student Engagement mempengaruhi prestasi belajar. Penguatan oleh Guru, Komunikasi Interpersonal Keluarga, Locus Of Control mempengaruhi Student Engagement. Bagi peneliti selanjutnya yang akan melanjutkan penelitian ini, untuk dapat menambah variabel-variabel yang belum diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar Ekonomi, Penguatan oleh Guru, Komunikasi Interpersonal Keluarga, Locus Of Control, Student Engagement |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 12 Nov 2020 07:11 |
Last Modified: | 12 Nov 2020 07:11 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41365 |
Actions (login required)
View Item |