PENGEMBANGAN SUPLEMEN BAHAN AJAR SISTEM PEREDARAN DARAH BERBASIS RISET SHISHA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA


Wildha Alma, 4401416015 (2020) PENGEMBANGAN SUPLEMEN BAHAN AJAR SISTEM PEREDARAN DARAH BERBASIS RISET SHISHA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 4401416015.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Suplemen bahan ajar dikembangkan berdasarkan analisis kebutuhan siswa dalam penggunaan sumber belajar yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam proses belajar biologi, pemahaman konsep sangat penting dikuasai oleh siswa. Suplemen bahan ajar diintegrasikan dengan hasil riset shisha pada materi sistem peredaan darah membantu siswa dalam memahami konsep secara mendalam dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan suplemen bahan ajar pada pembelajaran biologi. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development yang mengacu pada langkah-langkah (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) produksi akhir. Parameter kelayakan suplemen bahan ajar dilihat dari validasi materi, validasi media, respon tanggapan guru, respon tanggapan siswa serta tes pemahaman konsep. Hasil penelitian memperoleh data bahwa validitas materi menunjukan skor 83.7% dengan kriteria sangat valid, validitas media menunjukan skor 95.1% dengan kriteria sangat valid, respon tanggapan siswa menunjukan hasil 82.625% dengan kriteria sangat layak, respon tanggapan guru menunjukan hasil 86.6% dengan kriteria sangat layak serta ketuntasan klasikal tes pemahaman konsep mencapai 91.17% dengan ketentuan siswa mencapai nilai ketuntasan ≥ 70 serta rata-rata n-gain sebesar 0.55 dengan kategori sedang. Simpulan penelitian ini adalah suplemen bahan ajar berbasis riset shisha layak digunakan sebagai pembelajaran pada materi sistem peredaran darah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kelayakan, suplemen bahan ajar, Shisha, pemahaman konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 12 Nov 2020 06:54
Last Modified: 12 Nov 2020 06:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41363

Actions (login required)

View Item View Item