OPTIMASI JARAK DARI SUMBER KE OBJEK DAN JARAK DARI OBJEK KE DETEKTOR PADA MICRO COMPUTED TOMOGRAPH (MICRO-CT) DI LABORATORIUM FISIKA MEDIK UNNES


Nirma Ugi Lestari, 4211416034 (2020) OPTIMASI JARAK DARI SUMBER KE OBJEK DAN JARAK DARI OBJEK KE DETEKTOR PADA MICRO COMPUTED TOMOGRAPH (MICRO-CT) DI LABORATORIUM FISIKA MEDIK UNNES. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 4211416034.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sinar-X merupakan gelombang elektromagnetik yang memiliki panjang gelombang 10−8 m - 10−11 m. Namun, sinar-X memiliki daya tembus yang cukup tinggi. Pada aplikasinya di dunia medis, sinar-X sudah banyak digunakan sebagai sumber radiografi digital salah satunya sebagai sumber radiologi micro-CT. Teknik radiografi berbasis digital menggunakan micro-CT telah dikembangkan di Laboratorium Fisika Medik Universitas Negeri Semarang. Prinsip kerja sistem micro-CT mengambil proyeksi radiasi dalam jumlah besar yang kemudian direkonstruksi menjadi membentuk citra potongan dari objek yang dipindai. Irisan yang direkonstruksi ini kemudian dapat ditumpuk untuk membentuk representasi tiga dimensi (3D). Pada teknik radiografi micro-CT terdapat SOD dan ODD yang mempengaruhi citra hasil radiograf. Pada peneletian ini telah dilakukan beberapa variasi nilai SOD dan ODD agar memperoleh citra yang optimal. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa semakin kecil nilai ODD maka citra hasil radiograf semakin optimal hal tersebut ditunjukkan pada saat ODD 6 cm nilai magnifikasi sebesar 1,09 dan nilai CNR sebesar 172,287.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sinar-X, Micro-CT, SOD, ODD.
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 12 Nov 2020 06:49
Last Modified: 12 Nov 2020 06:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41360

Actions (login required)

View Item View Item