PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING YANG DILENGKAPI MEDIA SCIENCE MARBLE GAMES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK


Ulinnuha Naely Safira, 4001416069 (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING YANG DILENGKAPI MEDIA SCIENCE MARBLE GAMES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 4001416069.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Model discovery learning merupakan pembelajaran yang mengasah seluruh kemampuan peserta didik untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, logis, dan kritis sehingga peserta didik mampu merumuskan penemuannya sendiri. Penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penggunaan perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 diharapkan mampu memberikan kontribusi yang positif untuk pencapaian hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran model discovery learning meliputi silabus, RPP, soal tes dan LDPD dengan media science marble games yang layak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan model 3-D yang dimodifikasi dari model 4-D. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIIIB dan VIIID SMP Kesatrian 1 Semarang berjumlah 18. Model 3-D yang digunakan yaitu define, design, dan development. Data penelitian diperoleh uji kelayakan perangkat yang dikembangkan oleh para ahli serta angket keterbacaan mengenai media science marble games oleh peserta didik dan angket keterbacaan mengenai perangkat pembelajaran oleh guru IPA. Hasil analisis uji kelayakan perangkat pembelajaran yaitu silabus dan RPP diperoleh presentase 84,27% dan 88,06%. Hasil analisis uji kelayakan media diperoleh presentase sebesar 81,45% dan hasil uji kelayakan soal serta LDPD diperoleh presentase sebesar 86,48% dan 81,93%. Semua uji kelayakan dinyatakan sangat layak digunakan. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model discovery learning yang dilengkapi media science marble games sangat layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perangkat pembelajaran, discovery learning, science marble games, kemampuan berpikir kritis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 12 Nov 2020 06:40
Last Modified: 12 Nov 2020 06:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41356

Actions (login required)

View Item View Item