POTENSI PENGENDALIAN VEKTOR NYAMUK Aedes aegypti MENGGUNAKAN ANTI NYAMUK ELEKTRIK MAT EKSTRAK DAUN TEMBAKAU (Nicotiana tabacum L) (Studi di Desa Mento Kecamatan Candiroto)


Susi Nuryanti, 6411416034 (2020) POTENSI PENGENDALIAN VEKTOR NYAMUK Aedes aegypti MENGGUNAKAN ANTI NYAMUK ELEKTRIK MAT EKSTRAK DAUN TEMBAKAU (Nicotiana tabacum L) (Studi di Desa Mento Kecamatan Candiroto). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411416034.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Demam Berdarah Dengue (DBD) ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes betina. Salah satu cara pengendalian DBD adalah dengan memutus rantai penularan menggunakan insektisida. Insektisida alami yang terbuat dari ekstrak daun tembakau berpotensi untuk digunakan sebagai salah satu cara untuk mengendalikan vektor. Insektisida yang berasal dari tumbuhan bersifat mudah terurai, sehingga tidak mencemari lingkungan dan relatif aman bagi manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi anti nyamuk alami elektrik mat ekstrak daun tembakau (Nicotiana tabacum L). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental). Sampel pada penelitian ini adalah 30 orang yang bertempat tinggal di Desa Mento, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung. Penelitian ini menggunakan instrumen lembar observasi, kuesioner, thermometer/hygrometer, alat pemanas mat elektrik vaporizer. Analisis statistik menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan pre-test dan post-test jumlah nyamuk Aedes aegypti hidup di dalam kamar pada pagi dan sore hari dengan nilai p=0,001 (p<0,05). Penerimaan responden dalam kesukaan aroma 93,3%, kepraktisan penggunaan 96,7%, kerepotan dalam pembuatan 30%, kesukaan bahan 100%, dan ketersediaan bahan 96,7%. Simpulan dari penelitian ini adalah anti nyamuk elektrik mat ekstrak daun tembakau efektif dalam mngendalikan vektor nyamuk Aedes aegypti di dalam ruangan. Saran yang diajukan adalah agar masyarakat bisa menerapkan elektrik mat ekstrak daun tembakau sebagai insektisida alami untuk mengendalikan vektor nyamuk Aedes aegypti.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: daun tembakau, vektor nyamuk, insektisida
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 12 Nov 2020 06:34
Last Modified: 12 Nov 2020 06:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41354

Actions (login required)

View Item View Item