EVALUASI PROGRAM PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN (PMT) PADA IBU HAMIL KEKURANGAN ENERGI KRONIS (KEK) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KARANGANYAR KOTA SEMARANG


Laelatul Rohmah, 6411415082 (2020) EVALUASI PROGRAM PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN (PMT) PADA IBU HAMIL KEKURANGAN ENERGI KRONIS (KEK) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KARANGANYAR KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411415082.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Puskesmas dengan cakupan BBLR tinggi adalah Puskesmas Krobokan dan Karanganyar. Hal ini berbanding lurus dengan ibu hamil Kekurangan Energi Kronis (Bumil KEK), Bumil KEK dipuskesmas Karanganyar melampaui target (5%) hingga mencapai 20,3% (Bumil). Upaya yang dilakukan dalam perbaikan gizi ibu hamil KEK adalah dengan pemberian makanan tambahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana evaluasi program PMT di wilayah Kerja Puskesmas Kranganyar. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Penentuan informan dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengambilan data primer pada penelitian ini adalah wawancara mendalam (indepht interview) sedangankan untuk data sekunder penelitian ini ialah dengan studi literature. Analisis data dilakukan sejak awal penelitian dan selama proses penelitian dilaksanakan. Hasil penelitian menunjukkan dalam segi input adalah sumber dana, sarana prasarana, bentuk pelayanan, dan bahan PMT sudah sesuai dengan petunjuk sedangkan sasaran dan SDM belum sesuai dengan Juknis PMT. Dari segi proses perencanaan, pelaksanaan, dan pencatatan sudah sesuai tetapi terdapat kendala akibat droping dari pusat yang tidak menentu, untuk pemantauan belum sesuai dengan Juknis. Dari segi output bayi yang lahir dari ibu KEK yang menkonsumsi PMT, lahir dengan normal, tidak mengalami BBLR.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Program Pemberian Makanan Tambahan, Ibu hamil, KEK.
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 12 Nov 2020 06:19
Last Modified: 12 Nov 2020 06:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41350

Actions (login required)

View Item View Item