PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN DAN CD UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN SBDP MATERI BERNYANYI DI KELAS III GUGUS ARIF RAHMAN HAKIM KENDAL


Zayyana ‘Adna Khisan, 1401416375 (2020) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN DAN CD UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN SBDP MATERI BERNYANYI DI KELAS III GUGUS ARIF RAHMAN HAKIM KENDAL. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416375.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan, untuk mengetahui kelayakan Buku Panduan dan CD serta keefektifan Buku Panduan dan CD dalam meningkatkan pembelajaran SBdP materi bernyanyi di kelas III Gugus Arif Rahman Hakim. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (Research and Development). Penelitian ini menggunakan metode penelitian menurut Borg and Gall dalam Sugiyono. Penentuan kelayakan produk berdasarkan uji validasi para ahli, uji coba kelompok kecil, kemudian diterapkan pada uji coba kelompok besar. Namun karena keadaan sedang pandemi covid-19 maka penelitian ini hanya sampai pada tahap uji coba kelompok kecil, hal ini dikarenakan sekolah ditutup dan sebagai upaya membantu pemerintah dalam mengatasi penyebaran covid-19. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, unjuk kerja, observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data awal dengan uji normalitas, serta analisis data akhir dengan Uji T dan N-gain. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa persentase dari ahli materi 87,5% dengan kriteria sangat layak dan ahli media 75% dengan kriteria layak. Rata-rata hasil belajar kognitif siswa meningkat semula 40% menjadi 63,3%. Sedangkan rata-rata hasil belajar psikomotorik siswa meningkat semula 49,7% menjadi 80,3%. Rata-rata penilaian mengajar guru sebelum menggunakan media 52,5% menjadi 76,6% setelah menggunakan media. Simpulan penelitian ini yaitu dengan menggunakan Buku Panduan dan CD dapat meningkatkan pembelajaran SBdP materi bernyanyi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CD; Bernyanyi; Buku Panduan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 12 Nov 2020 06:05
Last Modified: 12 Nov 2020 06:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41343

Actions (login required)

View Item View Item