KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR MOZAIK KELAS IV SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KABUPATEN SEMARANG


Nova Adintya, 140416134 (2020) KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR MOZAIK KELAS IV SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416134.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan data hasil belajar yang dilakukan di kelas IV SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kabupaten Semarang di peroleh bahwa hasil belajar mozaik kurang maksimal salah satunya disebabkan oleh model yang digunakan kurang sesuai yaitu model konvensional, selain itu pembelajaran juga masih terfokus pada praktik saja, sedangkan teori dasar kurang diajarkan. Sehingga diperlukan perlakuan, walaupun penelitian ini dilakukan di tengah masa pandemi COVID-19, yaitu dengan memberikan video pembelajaran berbasis video menerapkan model Direct Instruction yang dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk lebih memahami teori tentang mozaik, bukan sekadar membuatnya saja. Jenis penelitian eksperimen ini menggunakan desain penelitian experimental design berbentuk nonequivalent control group design atau pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kabupaten Semarang dengan sampel yaitu kelas IV A SDN Karangjati 04 sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B SDN Karangjati 04 sebagai kelas control, sampel tersebut diambil dengan teknik cluster random sampling dikarenakan jumlah populasinya yang luas atau berbentuk gugus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, t-test, dan n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis video efektif digunakan pada materi mozaik, hasil t-test menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel karena 4,39 > 2,00. Seperti yang telah disebutkan dalam paragraf sebelumnya, karena P value 2 tailed < 0,05, dan thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima dan dapat disimpulkan bahwa kelas kontrol dan kelas eksperimen memiliki perbedaan rata-rata setelah diberikan perlakuan. Hasil uji n-gain kelas kontrol sebesar 0,12 dengan kriteria peningkatan nilai rata-rata rendah dan kelas kelas eksperimen sebesar 0,65 dengan kriteria peningkatan nilai rata-rata sedang. Simpulan penelitian ini yaitu media pembelajaran berbasis video efektif digunakan pada materi mozaik dan dapat meningkatkan hasil belajar. Pembelajaran dengan model ini sebaiknya memperhatikan beberapa hal yaitu perencanaan pembelajaran yang matang, pertimbangan porsi demonstrasi oleh guru dan latihan siswa, serta pertimbangan penggunaan media konkret yang mendukung penjelasan guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, keefektifan, media pembelajaran, mozaik, video
Subjects: L Education > L Education (General) > Interactive Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 12 Nov 2020 05:58
Last Modified: 12 Nov 2020 05:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41341

Actions (login required)

View Item View Item