HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA PEMUSATAN LATIHAN ATLET PELAJAR PUTRA PENCAK SILAT KABUPATEN PATI


MUHAMAD SUPRAYITNO, 6301416070 (2020) HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA PEMUSATAN LATIHAN ATLET PELAJAR PUTRA PENCAK SILAT KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6301416070.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Olahraga pencak silat salah satunya dipengaruhi oleh faktor psikologis yaitu Kepercayaan diri. Kepercayaan diri merupakan salah satu faktor dari Motivasi Berprestasi atlet dalam situasi kompetitif yang dimaksud disini adalah dalam mengikuti pemusatan latihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri dengan motivasi berprestasi pada pemusatan latihan atlet pelajar putra pencak silat Kabupaten Pati. Penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan teknik angket/koesioner. Populasi penelitian, atlet pelajar putra pencak silat Kabupaten Pati dan sampel sejumlah 35 atlet pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Instrumen penelitian menggunakan : 1) tes kepercayaan diri, 2) tes motivasi berprestasi. Analisis data menggunakan korelasi dan regresi sederhana pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian: hasil korelasi ada hubungan positif antara kepercayaan diri dengan motivasi berprestasi berdasarkan hasil perhitungan uji regresi linier sederhana diperoleh nilai rhitung = 0.436 > rtabel = 0.306 dengan signifikansi 0,016 < 0,05. Kesimpulan ada hubungan kepercayaan diri dengan motivasi berprestasi pada pemusatan latihan atlet pelajar putra pencak silat Kabupaten Pati. Saran bagi pelatih pencak silat Kabupaten Pati agar memperhatikan faktor psikologis atlet, memberi motivasi agar rasa percaya diri atlet meningkat dan dapat mencapai penampilan terbaik. Saran bagi atlet untuk terus berlatih dengan bersungguh-sungguh, percaya diri, serta selalu menjaga dan meningkatkan motivasi berprestasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan diri, Motivasi Berprestasi
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 12 Nov 2020 04:24
Last Modified: 12 Nov 2020 04:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41329

Actions (login required)

View Item View Item