Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Guided Note Taking Berbantuan Media Kimmy-Games terhadap Pemahaman Konsep Kimia Siswa SMA


Achmad Vandian Nur, - and Woro Sumarni, MIPA Pendidikan Kimia (2017) Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Guided Note Taking Berbantuan Media Kimmy-Games terhadap Pemahaman Konsep Kimia Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11 (1). pp. 1910-1920. ISSN 1979-0503

[thumbnail of Turnitin Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Guided Note Taking Berbantuan Media Kimmy-Games terhadap Pemahaman Konsep Kimia Siswa SMA.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Review Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Guided Note Taking Berbantuan Media Kimmy-Games terhadap Pemahaman Konsep Kimia Siswa SMA.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (332kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan desain penelitian pretest-posttest design. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran Guided Note Taking berbantuan media Kimmy-Games terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa terkait materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini menggunakan dua sampel, yaitu kelompok eksperimen yang menggunaan metode Guided Note Taking berbantuan media Kimmy-Games dan kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran klasikal. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Data penelitian berupa data hasil belajar aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Uji yang digunakan untuk menganalisis data adalah uji t, uji ketuntasan belajar dan uji korelasi biserial. Uji t menunjukkan hasil thitung (2,989) lebih dari t(0,95)(62) (1,998) artinya rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil uji ketuntasan belajar menunjukkan kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji korelasi dengan angka korelasi sebesar 0,45 dan uji koefisien determinasi diperoleh angka sebesar 19,81%. Disimpulkan metode pembelajaran Guided Note Taking berbantuan media Kimmy-Games berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa terkait materi kelarutan dan hasil kali kelarutan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: guided note taking, kimmy-games, pemahaman konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 12 Nov 2020 00:54
Last Modified: 12 Nov 2020 00:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41295

Actions (login required)

View Item View Item