Kontribusi Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Life Skill Siswa


Yeti Utami, - and Woro Sumarni, MIPA Pendidikan Kimia and Wisnu Sunarto, - (2016) Kontribusi Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Life Skill Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10 (1). pp. 1683-1691. ISSN 1979-0503

[thumbnail of Turnitin Kontribusi Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Life Skill Siswa.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Review Kontribusi Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Life Skill Siswa.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (324kB) | Preview

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi pembelajaran berbasis proyek terhadap life skill siswa. Sampel penelitian diambil dua dari lima kelas sebagai kelas eksperimen dan kontrol dengan menggunakan teknik Cluster random sampling. Desain yang digunakan dalam penelitian adalah posttest-only control group design. Pada kelas A menggunakan pembelajaran berbasis proyek, sedangkan kelas B menggunakan pembelajaran ceramah. Data dikumpulkan dengan lembar observasi dan angket life skill. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara life skill siswa kelas A dan B. Hasil analisis deskriptif kuantitatif kelas A adalah nilai aspek thinking skill sebesar 86,67%, aspek social skill sebesar 86,52%, aspek academic skill sebesar 81,52% dan aspek vocational skill sebesar 86,10%. Hasil analisis deskriptif kuantitatif kelas B adalah nilai aspek thinking skill sebesar 75,14%, aspek social skill sebesar 78,56%, aspek academic skill sebesar 70,81% dan aspek vocational skill sebesar 42,70%. Hasil analisis deskriptif kualitatif data angket life skill, pada kelas A dengan kriteria tinggi, sedangkan pada kelas B dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis proyek berkontribusi terhadap life skill siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: life skills, project based learning, social skills
Subjects: L Education > L Education (General) > learning activity
L Education > LC Special aspects of education > study habits
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 12 Nov 2020 00:38
Last Modified: 12 Nov 2020 00:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41293

Actions (login required)

View Item View Item