PENGEMBANGAN BOOKLET PENCEMARAN LINGKUNGAN BERBASIS MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP


Uswatun Hasanah, 4001415036 (2020) PENGEMBANGAN BOOKLET PENCEMARAN LINGKUNGAN BERBASIS MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BOOKLET PENCEMARAN LINGKUNGAN BERBASIS MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BOOKLET PENCEMARAN LINGKUNGAN BERBASIS MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP) - Published Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi di SMP Negeri 23 Semarang diperoleh informasi bahwa proses pembelajaran IPA masih bersifat konvensional dan belum memiliki banyak sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa booklet pencemaran lingkungan berbasis model inkuiri terbimbing serta menguji coba produk pada skala kecil dan skala besar. Jenis penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan (Research and Development) dengan sembilan langkah. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan menggunakan purposive sample, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Subjek penelitian terdiri atas 12 siswa pada uji coba skala kecil dan sebayak 32 siswa pada uji coba skala besar. Data penelitian diperoleh dari lembar angket validasi, lembar angket keterbacaan, nilai posttest, nilai gagasan, serta lembar observasi sikap dan keterampilan. Hasil uji kelayakan menunjukan persentase 97,02% oleh ahli media dan 95,84% oleh ahli materi. Hasil uji keterbacaan diperoleh persentase 87,75% pada uji coba siswa skala kecil, 84,78% pada uji coba siswa skala besar, dan 91,00% pada uji coba oleh guru. Hasil analisis postest menunjukan ketuntasan klasikal sebesar 100% pada uji coba siswa skala kecil dan 90,63% pada uji coba siswa skala besar. Hasil analisis lembar observasi sikap menunjukan persentase klasikal 90,08% dengan kriteria sangat baik pada uji coba siswa skala kecil dan 93,15% dengan kriteria sangat baik pada uji coba siswa skala besar. Hasil analisis nilai gagasan dan lembar observasi keterampilan menunjukan persentase klasikal 89,53% dengan kriteria sangat baik pada uji coba siswa skala kecil dan 89,38% dengan kriteria sangat baik pada uji coba siswa skala besar. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan produk booklet pencemaran lingkungan berbasis model inkuiri terbimbing sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran di kelas, keterbacaan booklet termasuk pada kriteria sangat baik serta booklet efektif terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: booklet, Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 11 Nov 2020 08:45
Last Modified: 11 Nov 2020 08:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41291

Actions (login required)

View Item View Item