PENGINTEGRASIAN ILMU-ILMU SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP SE-KECAMATAN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2019/2020


Siti Nurjanah, 3601415024 (2020) PENGINTEGRASIAN ILMU-ILMU SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP SE-KECAMATAN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2019/2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGINTEGRASIAN ILMU-ILMU SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP SE-KECAMATAN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2019/2020]
Preview
PDF (PENGINTEGRASIAN ILMU-ILMU SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP SE-KECAMATAN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2019/2020) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

IPS merupakan mata pelajaran yang terintegrasi dari materi ilmu-ilmu sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menganalisis pemahaman guru tentang konsep ilmu sosial dalam pebelajaran IPS (2) implementasi materi ilmu-ilmu sosial dalam perangkat pembelajaran IPS (3) implementasi konsep pengintegrasian materi ilmu-ilmu sosial dalam pelaksanaan pembelajaran IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder. Alat dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan analisis data model interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian yang sudah dilaksanakan, peneliti mengajukkan saran sebagai berikut: (1) guru hendaknya dapat mengembangkan kreatifitas sendiri dalam menyusun RPP dengan menyesuikan tingkat kemampuan peserta didik, potensi, dan kondisi sekolah (2) guru hendaknya bisa mengatur waktu dengan baik agar materi tersampaikan dengan metode bervariatif dan peserta didik lebih memahami materi (3) hendaknya guru IPS memberikan penugasan yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dimana peserta didik bisa terjun langsung di dalam masyarakat dan tujuan pembelajaran IPS tersebut dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengintegrasian, Pembelajaran IPS, Kurikulum 2013.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 11 Nov 2020 08:36
Last Modified: 11 Nov 2020 08:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41288

Actions (login required)

View Item View Item