PEMBELAJARAN IPS BERORIENTASI PADA PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SMP NEGERI 3 JEKULO KUDUS


Lusiana Prabandani, 3601415023 (2020) PEMBELAJARAN IPS BERORIENTASI PADA PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SMP NEGERI 3 JEKULO KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN IPS BERORIENTASI PADA PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SMP NEGERI 3 JEKULO KUDUS]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN IPS BERORIENTASI PADA PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SMP NEGERI 3 JEKULO KUDUS) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS pada tingkat Sekolah Menengah Pertama harus dilakukan secara terintegrasi, hal tersebut mengingat bahwa mata pelajaran IPS bersifat terpadu dari beberapa ilmu sosial. Lingkungan yang ada disekitar siswa merupakan salah satu sumber belajar yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini (1). Mengetahui cara guru dalam merancang pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar di SMP Negeri 3 Jekulo Kudus (2) Mengetahui implementasi pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar di SMP Negeri 3 Jekulo Kudus (3) Mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dalam upaya pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar di SMP Negeri 3 Jekulo Kudus. Metode yang digunakan berupa metode kualitatif deskripsi. Sumber data diperoleh dari informan, hasil pengamatan, dan dokumentasi. Alat dan teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan teknik triangulasi. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan veifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SMP Negeri 3 Jekulo Kudus perencanaan pembelajaran (RPP) belum mencantumkan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar IPS. Akan tetapi dalam pelaksanaannya guru sudah mengkaitkan materi dengan lingkungan sekitar menggunakan beberapa metode seperti ceramah, diskusi kelompok dan tanya jawab. Lingkungan sekitar yang dimanfaatkan oleh guru yaitu Pasar Jekulo Kudus, Situs Purbakala Patiayam, area persawahan, industri, bukit, perkebunan jagung dan sebagainya. Kendala yang dihadapi guru dalam pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar adalah waktu. Selain itu ketertarikan siswa yang kurang karena IPS identik dengan hafalan dan kurang lengkapnya sarana dan prasarana penunjang KBM. Saran yang diajukan dalam penelitian ini dalam penyusunan rencana pembelajaran seperti RPP sebaiknya guru harus bisa mengembangkan dan menyesuaikan dengan kondisi sekolah masing-masing. Guru hendaknya senantiasa harus meningkatkan kreatifitas, inovasi dan variasi dalam pembelajaran IPS. Sekolah hendaknya harus mengupayakan untuk melengkapi sarana dan prasarana penunjang KBM.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Lingkungan, Pembelajaran IPS
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 11 Nov 2020 08:34
Last Modified: 11 Nov 2020 08:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41287

Actions (login required)

View Item View Item