IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN WAWASAN SISWA DI SMA NEGERI 1 DEMAK


Ahmad Heri, 3401413036 (2020) IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN WAWASAN SISWA DI SMA NEGERI 1 DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN WAWASAN SISWA DI SMA NEGERI 1 DEMAK]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN WAWASAN SISWA DI SMA NEGERI 1 DEMAK) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Minat baca siswa di Indonesia masih sangat rendah. Pemerintah melalui kemdikbud meluncurkan sebuah Gerakan Literasi Sekolah sebagai upaya meningkat minat baca siswa dan menumbuhkan budi pekerti serta meningkatkan wawasan siswa. Sekolah yang berusaha melaksanakan program literasi adalah SMA Negeri 1 Demak. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui proses pelaksanaan program literasi di SMA Negeri 1 Demak (2) mengetahui persepsi siswa dan guru terhadap program literasi di SMA Negeri 1 Demak (3) mengetahui kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program literasi di SMA Negeri 1 Demak dan upaya sekolah untuk mengatasinya dan (4) mengetahui dampak program literasi terhadap peningkatan wawasan siswa di SMA Negeri 1 Demak. Metode penelitian ini menggunakan desain kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Demak. Fokus penelitian yaitu kebiasaan belajar siswa di sekolah, kebiasaan belajar di rumah, aturan atau tata tertib yang ada di sekolah, serta peranan budaya belajar dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokunetasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa progam literasi yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Demak mendapat persepsi positif. Siswa merasa program literasi sebagai sarana refresing karena buku yang dibaca adalah buku non fiksi jadi mereka mudah menangkap pesan dari buku tersebut. Guru memandang baik dan antusias terhadap program literasi karena guru merasa terbantu dalam proses belajar mengajar karena siswa sering menambah sumber belajar melalui buku dan internet. kendala dalam pelaksanaan program literasi antara lain, siswa yang tidak punya motivasi akan kesulitan memahami buku yang ia baca dan kegiatan literasi hanya formalitas semata. Solusi dalam pelaksanaan literasi, antara lain pendamping literasi mengupayakan kegiatan literasi ada (Latency), sebuah sistem harus memperlengkapi, memelihara dan memperbaiki, baik motivasi individual maupun pola-pola kultural yang menciptakan dan menopang motivasi. Dampak dalam pelaksanaan literasi di SMA Negeri 1 Demak, yaitu (a) program literasi mengandung muatan kognitif untuk meningkatkan wawasan siswa,(b) program literasi menciptakan budi pekerti siswa, (c) program literasi menjadikan siswa disiplin Saran yang diberikan adalah sekolah mengembangkan program literasi menciptakan inovasi agar siswa termotivasi aktif dalam pelaksanaan program literasi. Orang tua dan masyarakat diharapkan untuk selalu mendukung dan berperan maksimal dalam pelaksanaan program literasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Program Literasi, Wawasan Siswa
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 11 Nov 2020 08:29
Last Modified: 11 Nov 2020 08:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41285

Actions (login required)

View Item View Item