IMPLEMENTASI Proprioceptive Neuromuscular Facilitation (PNF) TERHADAP FLEKSIBILITAS SISWA-SISWI EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT SMK ISLAM AL FADHILA DEMAK


Eka Armianto, 6211416077 (2020) IMPLEMENTASI Proprioceptive Neuromuscular Facilitation (PNF) TERHADAP FLEKSIBILITAS SISWA-SISWI EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT SMK ISLAM AL FADHILA DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6211416077.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Siswa-siswi ekstrakurikuler pencak silat SMK Islam Al Fadhila Demak memiliki tingkat fleksibilitas gerak yang kurang baik karena gerak yang dilakukan cenderung kontradiktif serta kaku. Salah satu teknik latihan untuk meningkatkan tingkat fleksibilitas siswa-siswi ekstrakurikuler pencak silat dengan menggunakan metode latihan PNF. Maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tentang penerapan PNF (Proprioceptive Neuromuscular Facilitation) terhadap fleksibilitas siswa-siswi ekstrakurikuler pencak silat. Metode penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan penelitian one-group pretest-posttest design yaitu memberi perlakuan pada satu kelompok selanjutnya diambil data preetest dan posttesnya menggunakan bangku ukur Sit and Reach, kemudian dianalisis menggunakan paired-samples t test. Penelitian dilakukan pada bulan November-Desember 2019 dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 15 peserta. Hasil penelitian dan pembahasan diperoleh analisisi uji t data fleksibilitas siswa-siwi diperoleh Berdasarkan hasil uji one sample t test menunjukkan nilai t (t hitung) pretest adalah sebesar 12,97 dan nilai t (t hitung) posttest adalah sebesar 14,70 Nilai df (degree of freedom) atau derajat kebebasan adalah sebesar 14. Nilai Sig. (2-tailed) atau nilai signifikasi dengan uji dua sisi adalah sebesar 0,000. Kesimpulan pada uji one sample t test dengan taraf signifikasi 0,05, jika p-value (sig) < α = 0,05 maka Ha diterima, sedangkan untuk kondisi lainnya Ho ditolak. Berdasarkan output one sample t test diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05, maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 tolak, dengan demikian dapat disimpulkan ada pengaruh metode latihan peregangan PNF terhadap fleksibilitas siswa-siswi SMK Islam Al Fadhila Demak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PNF, Fleksibilitas, pencak silat
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 11 Nov 2020 06:44
Last Modified: 11 Nov 2020 06:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41263

Actions (login required)

View Item View Item