PENGARUH GREEN BRAND IMAGE, ECO – LABEL, DAN GREEN PERCEIVED QUALITY TERHADAP GREEN PURCHASE INTENTION MELALUI GREEN TRUST
Yunita Dwi Maharani, 7311415089 (2020) PENGARUH GREEN BRAND IMAGE, ECO – LABEL, DAN GREEN PERCEIVED QUALITY TERHADAP GREEN PURCHASE INTENTION MELALUI GREEN TRUST. Under Graduates thesis, Unnes.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Perkembangan bisnis terus mengalami peningkatan dan perubahan serta menimbulkan persaingan yang semakin ketat dan kompetitif. Didukung dengan munculnya saluran bisnis online, yaitu e-commerce dan online shopping. Serta munculnya perubahan perilaku pembelian dimana kesadaran konsumen pada kepedulian lingkungan akan membuat konsumen beralih dan mendorong niat pembelian pada green product. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh green brand image, eco-label dan green perceived quality terhadap green purchase intention melalui green trust pada pembelian Tupperware di toko nonamishop Kudus. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Tupperware di toko nonamishop Kudus. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 116 responden yang diperoleh dari hasil perhitungan dengan metode iterasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik incidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan path analysis dengan program IBM SPSS Statistics 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa green perceived quality dan green trust memiliki pengaruh langsung terhadap green purchase intention, namun pengaruh langsung pada green brand image dan eco-label tidak berpengaruh signifikan terhadap green purchase intention. Sedangkan untuk pengaruh mediasi menunjukkan bahwa green trust mampu memediasi pengaruh green brand image, eco-label, dan green perceived quality terhadap green purchase intention. Kesimpulan dari penelitian ini membuktikan bahwa green perceived quality dan green trust memiliki pengaruh langsung terhadap green purchase intention, terkecuali green brand image dan eco-label tidak memiliki pengaruh langsung terhadap green purchase intention. Terbukti green trust mampu memediasi hubungan semua variabel independen dengan variabel dependen. Oleh karena itu, saran yang sebaiknya diberikan pada toko nonamishop Kudus dalam memasarkan green product Tupperware harus menjaga green trust yang baik di kalangan konsumen serta memberikan informasi yang akurat mengenai manfaat green product. Penelitian yang akan datang diharapkan untuk melakukan penelitian di objek yang berbeda dan mengembangkan variabel lain yang dapat mempengaruhi green purchase intention, seperti green perceived knowledge dan green awareness.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Green Brand Image, Eco-Label, Green Perceived Quality, Green Trust, Green Purchase Intention |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 10 Nov 2020 07:30 |
Last Modified: | 10 Nov 2020 07:30 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41248 |
Actions (login required)
View Item |