PENGARUH PENGHINDARAN PAJAK, KEPEMILIKAN ASING, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KEPUTUSAN TRANSFER PRICING DENGAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2014-2019)


Fajar Hadifadhlulloh, 7211416207 (2020) PENGARUH PENGHINDARAN PAJAK, KEPEMILIKAN ASING, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KEPUTUSAN TRANSFER PRICING DENGAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2014-2019). Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 7211416207.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Transfer pricing menjelaskan kemungkinan perusahaan melakukan transfer keuntungan melalui mekanisme transfer pricing. Seiring dengan adanya perkembangan global, transfer pricing sering digunakan untuk perencanaan pajak sebagai salah satu cara untuk meminimalkan jumlah pajak yang harus dibayar perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penghindaran pajak, kepemilikan asing, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap transfer pricing dengan good corporate governance sebagai variabel intervening. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2014 – 2019 (6 tahun). Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel memenuhi kriteria sebanyak 10 perusahaan dengan 60 unit analisis. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial berupa Analisis Jalur dan Uji Sobel dengan software IBM SPSS Statistics 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepemilikan asing, dan good corporate governance berpengaruh positif dan signifikan terhadap transfer pricing. Penghindaran pajak, profitabilitas, dan ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap transfer pricing. penghindaran pajak dan ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap good corporate governance. Kepemilikan asing dan profitabiitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap good corporate governance. Good corporate governance tidak memoderasi pengaruh penghindaran pajak, kepemilikan asing, profitabiitas, dan ukuran perusahaan terhadap transfer pricing. Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan proksi lain untuk mengukur variabel transfer pricing, misalnya dengan menggunakan proksi related party transaction of assets and liabilities (RPTAL). Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambah variabel lainnya, seperti : debt convenant, tax minimization, Exchange rate, enterprise risk management disclosure. Peneliti selanjutnya diharapkan menggunakan alat ukur lain dalam meneliti variabel good corporate governance karena variabel good corporate governance tidak hanya dapat diteliti dengan prokti skor corporate governance akan tetapi dapat dilakukan dengan menggunakan proksi lain seperti variabel dummy. Penelitian selanjutnya dapat menggunakan teori akuntansi positif untuk menjelaskan pengaruh kepemilikan asing terhadap transfer pricing. Penelitian selanjutnya dapat menggunakan sampel perusahaan di sektor lainnya seperti sektor perkebunan, sektor dagang, sektor pertambangan, atau dari satu sektor manufaktur akan tetapi mendetail sampai sub sektor seperti sub sektor makanan dengan minuman atau dengan sub sektor kimia yang kemudian dibandingan tingkat praktik transfer pricing di setiap sub sektor atau setiap jenis industri. Sehingga diperoleh hasil yang lebih beragam.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Transfer Pricing, Penghindaran Pajak, Kepemilikan Asing, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Good Corporate Governance.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 10 Nov 2020 07:28
Last Modified: 10 Nov 2020 07:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41247

Actions (login required)

View Item View Item