KEEFEKTIFAN INQUIRY WORKSHEET BERPENDEKATAN PAIR CHECKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF DAN SIKAP ILMIAH SISWA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG


Nailin Ni’mah, 4001416052 (2020) KEEFEKTIFAN INQUIRY WORKSHEET BERPENDEKATAN PAIR CHECKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF DAN SIKAP ILMIAH SISWA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 4001416052.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa memiliki peran penting untuk membentuk siswa menjadi manusia yang cerdas dan terampil. Hasil belajar siswa terdiri dari ranah kognitif (pengetahuan) dan afektif (sikap). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar ranah kognitif dan sikap ilmiah siswa, serta menganalisis respon siswa terhadap penerapan inquiry worksheet berpendekatan pair checks pada materi getaran dan gelombang. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain experiment control group with pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII E-VIII I SMP Negeri 1 Semarang. Sampel terdiri dari kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Sampel tersebut diambil menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini menerapkan inquiry worksheet berpendekatan pair checks pada kelas eksperimen dan worksheet biasa pada kelas kontrol. Uji signifikansi hasil belajar ranah kognitif menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar ranah kognitif kedua sampel. Peningkatan hasil belajar ranah kognitif diukur menggunakan N-Gain. Nilai N-Gain yang diperoleh pada kelas eksperimen sebesar 0,39 dengan kategori sedang dan pada kelas kontrol sebesar 0,27 dengan kategori rendah. Sikap ilmiah siswa diukur menggunakan lembar observasi. Hasil observasi selama tiga pertemuan menunjukkan bahwa penerapan inquiry worksheet berpendekatan pair checks tidak efektif untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa pada materi getaran dan gelombang. Sikap ilmiah siswa cenderung menurun untuk setiap pertemuan dikarenakan terdapat kendala selama pembelajaran daring akibat pandemi Covid-19. Respon siswa terhadap penerapan inquiry worksheet berpendekatan pair checks pada materi getaran dan gelombang memiliki nilai sebesar 82,21% yang berada dalam kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: inquiry worksheet, pair checks, hasil belajar ranah kognitif, sikap ilmiah
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General) > Learning Achievement
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 10 Nov 2020 07:16
Last Modified: 10 Nov 2020 07:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41240

Actions (login required)

View Item View Item