PENGARUH FINANCIAL LITERACY, STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MAHASISWA YANG TINGGAL DI PONDOK PESANTREN


Ari Setiawati, 7101416016 (2020) PENGARUH FINANCIAL LITERACY, STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MAHASISWA YANG TINGGAL DI PONDOK PESANTREN. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 7101416016.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

Perilaku konsumsi merupakan sebuah tindakan yang dilakukan individu dalam mengonsumsi dan meenghabiskan suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh financial literacy, status sosial ekonomi orang tua, dan gaya hidup terhadap perilaku konsumsi mahasiswa yang tinggal di pondok pesantren. Hasil observasi awal diketahui bahwa perilaku konsumsi mahasiswa dalam belanja online tergolong tinggi. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang tinggal di pondok pesantren se Kecamatan Gunungpati Kota Semarang yang berjumlah 772 mahasiswa, dengan sampel sejumlah 264 mahasiswa. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah proportionate random sampling. Metode pengumpulan data berupa angket. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa variabel perilaku konsumsi berada pada kategori tinggi, variabel financial literacy dan variabel status sosial ekonomi orang tua berada pada kategori rendah, variabel gaya hidup berada pada kategori cukup. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh secara signifikan financial literacy, status sosial ekonomi orang tua, gaya hidup terhadap perilaku konsumsi mahasiswa, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan financial literacy terhadap perilaku konsumsi mahasiswa, (3) terdapat pengaruh negatif dan sigifikan status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumsi mahasiswa, (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan gaya hidup terhadap perilaku konsumsi mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, saran yang dapat diberikan adalah mahasiswa diharapkan dapat mengontrol perilakunya dalam mengonsumsi suatu barang dan membuat skala prioritas untuk memilih kebutuhan yang harus dipenuhi terlebih dahulu, membuat perencanaan keuangan baik harian, mingguan, atau bulanan, mampu menahan diri agar tidak mudah terpengaruh oleh lingkungan sekitar yang mengarahkan seseorang untuk berperilaku konsumsi berlebih, serta lebih bijak dalam pengambilan keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Financial Literacy, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Gaya Hidup, Perilaku Konsumsi.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > Community Culture
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 10 Nov 2020 06:18
Last Modified: 10 Nov 2020 06:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41237

Actions (login required)

View Item View Item