Pengembangan Test Diagnostik Four-Tier Multiple Choice untuk Mengidentifikasi Kesulitan Pemahaman Konsep Kinematika Gerak Siswa


Felia Oktaviana Sekarningtias, 4201416102 (2020) Pengembangan Test Diagnostik Four-Tier Multiple Choice untuk Mengidentifikasi Kesulitan Pemahaman Konsep Kinematika Gerak Siswa. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 4201416102.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Miskonsepsi yang terjadi pada siswa dapat terjadi karena siswa tidak mampu dalam mengkonstruksi pemahaman yang dimiliki dengan pemahaman yang baru didapatkan. Miskonsepsi yang terjadi pada siswa dapat dikaji dengan menggunakan tes diagnostik four-tier multiple choice. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat validitas dan daya beda pada tes diagnostik four-tier multiple choice, mengetahui tingkat pemahaman konsep kinematika gerak pada siswa SMA setelah diberikan tes diagnostik four-tier multiple choice, dan mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi kinematika gerak. Jenis penelitian adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, tes tertulis, dan wawancara. Tes diagnostik yang dikembangkan berjumlah 14 soal yang terdiri dari empat tingkatan, yaitu: jawaban dan alasan berada pada tingkatan pertama dan ketiga, sedangkan keyakinan berada pada tingkatan kedua dan keempat. Hasil uji coba validitas terhadap instrumen soal yang dikembangkan menunjukkan valid. Reliabilitas tes yang dikembangkan sebesar 0,738 dengan kategori tinggi. Taraf kesukaran tes sebesar 32% dengan kategori sedang. Daya pembeda sebesar 82% dengan kategori cukup. Uji coba skala besar yang dilakukan pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Semarang menunjukkan hasil rata-rata tingkat pemahaman sebesar 3,2% dengan kategori paham konsep, 62,9% tidak paham konsep, dan 33,9% mengalami miskonsepsi. Siswa paham tertinggi pada indikator ke-7 sebanyak 13,3% dalam menjelaskan ilustrasi grafik mengenai besaran fisis pada gerak lurus dan tingkat miskonsepsi tertinggi sebesar 53,3% serta tingkat miskonsepsi terendah terjadi pada indikator ke-3 sebesar 20%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tes Diagnostik, Four-Tier Multiple Choice, Pemahaman Konsep, Kinematika Gerak.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 10 Nov 2020 05:51
Last Modified: 10 Nov 2020 05:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41231

Actions (login required)

View Item View Item