PERILAKU HIDUP SEHAT SISWA KELAS ATAS (KELAS IV) SEKOLAH DASAR DI GUGUS YOS SUDARSO KECAMATAN TULIS KABUPATEN BATANG TAHUN 2020


Yuyun Fitriani Santoso, 6102416037 (2020) PERILAKU HIDUP SEHAT SISWA KELAS ATAS (KELAS IV) SEKOLAH DASAR DI GUGUS YOS SUDARSO KECAMATAN TULIS KABUPATEN BATANG TAHUN 2020. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 6102416037.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi manusia oleh karena itu hendaknya menjaga kesehatan pribadi dan menanamkan kepada anak sejak dini. Kesehatan pribadi merupakan sebuah upaya dan tindakan yang dilakukan oleh seseorang untuk menjaga, memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan dirinya sendiri. Penelitian ini dilatar belakangi karena siswa kurang mengetahui tentang kesehatan pribadi sehingga siswa kurang dalam menjaga kebersihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku hidup sehat siswa kelas atas (kelas IV) Sekolah Dasar di Gugus Yos Sudarso Kecamatan Tulis Kabupaten Batang Tahun 2020. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survey. Definisi operasional variabel penelitian adalah untuk mengetahui perilaku hidup sehat siswa kelas 4 Sekolah Dasar. Sampel penelitian berjumlah 42 siswa. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan observasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan teknik persentase. Hasil penelitian menjelaskan bahwa perilaku hidup sehat siswa kelas atas (kelas IV) Sekolah Dasar di Gugus Yos Sudarso Kecamatan Tulis Kabupaten Batang tahun 2020 yaitu untuk kategori “sangat tinggi” sebanyak 11 siswa atau sebesar 26,19%. Kategori “tinggi” sebanyak 25 siswa atau sebesar 59,52%. Kategori “cukup tinggi” sebanyak 6 siswa atau sebesar 14,29%. Kategori “kurang” sebanyak 0 siswa atau sebesar 0%. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa perilaku hidup sehat siswa kelas atas (kelas IV) Sekolah Dasar di Gugus Yos Sudarso Kecamatan Tulis Kabupaten Batang tahun 2020 Kabupaten Batang tahun 2020 masuk dalam kategori tinggi yaitu sebesar 78,75%. Saran bagi siswa hendaknya dapat mempertahankan kebiasaan berperilaku hidup sehat dan menerapkannya dalam kehidupan seharihari. Saran bagi guru hendaknya lebih memperhatikan kesehatan pribadi siswa dan memberikan pengarahan kepada siswa untuk menjaga kesehatannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesehatan Pribadi, Kelas Atas, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 10 Nov 2020 05:35
Last Modified: 10 Nov 2020 05:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41228

Actions (login required)

View Item View Item