PENGEMBANGAN MODEL ALAT EXPAS (EXPLOSION POWER, AGILITY, STRENGTH) UNTUK AKTIVITAS KEBUGARAN JASMANI PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA


Muhammad Nowaf Azizi, 6101416127 (2020) PENGEMBANGAN MODEL ALAT EXPAS (EXPLOSION POWER, AGILITY, STRENGTH) UNTUK AKTIVITAS KEBUGARAN JASMANI PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 6101416127.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Menciptakan alat penjasorkes merupakan salah satu upaya menyelesaikan permasalahan terbatasnya sarana dan prasarana pembelajaran aktivitas kebugaran jasmani di sekolah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Pengembangan Model Alat EXPAS (Explosion Power, Agility, Strength) untuk Aktivitas Kebugaran Jasmani Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama?”. Tujuan dari penilitian ini adalah untuk menghasilkan produk alat untuk aktivitas kebugaran jasmani peserta didik Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Prosedur penelitian sebagai berikut :1) Potensi dan masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain produk, 4) Validasi desain (1 ahli penjas dan 2 ahli pembelajaran), 5) Revisi Desain, 6) Uji coba skala kecil (30 peserta didik), 7) Revisi produk, 8) Ujicoba skala besar (84 peserta didik), 9) Revisi produk, 10) Produksi masal yang menghasilkan alat EXPAS (Explosion Power, Agility, Strength) untuk aktivitas kebugaran jasmani peserta didik Sekolah Menengah Pertama. Hasil validasi ahli produk awal penelitian didapatkan rata-rata (80%) sangat baik, dengan beberapa revisi seperti pemasangan grip raket dan busa sepeda. Kemudian produk di uji cobakan skala kecil dengan hasil rata-rata 84% (sangat baik). Setelah itu produk di revisi oleh ahli dan dinyatakan sangat layak digunakan. Kemudian produk di uji coba skala besar dengan hasil rata-rata 91% (sangat baik). Kesimpulan hasil analisis penelitian, alat EXPAS (Explosion Power, Agility, Strength) dapat digunakan sebagai sarana penunjang pembelajaran aktivitas kebugaran jasmani menggunakan alat di sekolah. Saran bagi guru Penjas, diharapkan dapat memanfaatkan alat ini untuk pembelajaran aktivitas kebugaran jasmani sesuai dengan buku penggunaan alat agar dapat membantu peserta didik untuk lebih aktif dan berantusias mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Aktivitas Kebugaran Jasmani, Alat EXPAS, Pendidikan Jasmani.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 10 Nov 2020 05:32
Last Modified: 10 Nov 2020 05:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41227

Actions (login required)

View Item View Item