FANATISME PADA PERGURUAN CABANG OLAHRAGA KARATE DITINJAU DARI BUDAYA DAN OLAHRAGA (STUDI KASUS PADA DOJO DI KABUPATEN JEPARA)


ITA SETIYAWATI, 6101416012 (2020) FANATISME PADA PERGURUAN CABANG OLAHRAGA KARATE DITINJAU DARI BUDAYA DAN OLAHRAGA (STUDI KASUS PADA DOJO DI KABUPATEN JEPARA). Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 6101416012.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh lima perguruan karate dengan satu aliran yaitu shotokan. Beberapa perguruan yang ada di Kabupaten Jepara antara lain; Lemkari, Inkai, Inkanas, BKC, dan Inkado. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana fanatisme pada perguruan cabang olahraga karate ditinjau dari budaya dan olahraga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana fanatisme pada perguruan cabang olahraga karate ditinjau dari budaya dan olahraga. Penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei. Variabel penelitian ini yaitu tingkat fanatisme pada perguruan cabang olahraga karate. Sampel 52 orang dengan teknik accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan angket/kuesioner. Dengan instrumen berupa angket/kuesioner. Analisis data statistic deskriptif presentase sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tinjauan budaya dengan sub indikator pengetahuan, rasa kepercayaan dan nilai-nilai termasuk pada kategori sedang. sedangkan dari tinjauan olahraga dengan sub indikator prestasi termasuk pada kategori sangat tinggi, sub indikator rekreasi termasuk pada kategori tinggi dan sub indikator pendidikan termasuk pada kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Fanatisme pada perguruan cabang olahraga karate berdasarkan tinjauan budaya masuk pada kategori sedang dan untuk tinjauan olahraga termasuk dalam kategori tinggi. Peneliti mempunyai saran supaya orang tua dan masyarakat dapat mendukung perkembangan olahraga karate sehingga dapat memberikan hasil yang terbaik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Budaya, Fanatisme, Karate, Olahraga.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 10 Nov 2020 05:28
Last Modified: 10 Nov 2020 05:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41226

Actions (login required)

View Item View Item