PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN BOOKLET DAN MODUL SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA SISWA SMA NEGERI 1 PEJAGOAN TAHUN 2019
Turyadi, 3201415075 (2020) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN BOOKLET DAN MODUL SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA SISWA SMA NEGERI 1 PEJAGOAN TAHUN 2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN BOOKLET DAN MODUL SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA SISWA SMA NEGERI 1 PEJAGOAN TAHUN 2019)
- Published Version
Download (5MB) | Preview |
Abstract
Pengelolaan materi dalam pembelajaran merupakan salah satu aspek penting dalam mewujudkan efektivitas pembelajaran (Pramono, 2013). UU nomor 20 tahun 2003 menyebutkan bahwa pembelajaran adalah interaksi antara siswa dengan guru dan sumber belajar pada lingkungan belajar tertentu. Pengelolaan materi pelajaran mencakup pemilihan, pengembangan, pengorganisasian, penyajian, serta penentuan strategi dan prosedur pembelajaran. Tinggi atau rendahnya hasil belajar siswa akan bergantung pada bagaimana pengelolaan materi dalam pembelajaran tersebut. Salah satunya adalah dalam hal penggunaan sumber belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan booklet dan modul sebagai sumber belajar di SMA Negeri 1 Pejagoan tahun 2019. Populai dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Pejagoan yang berjumlah 895 siswa terbagi dalam 29 kelas, di kelas sampel X1 (siswa dengan modul) sebanyak 26 siswa dan sampel X2 (siswa dengan booklet) sebanyak 29 siswa. Teknik sampling cluster random sampling. Variable penelitian terdiri atas hasil belajar siswa menggunakan modul (X1) dan variabel hasil belajar siswa menggunakan booklet (X2). Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji Independent Samples T Test. Hasil penelitian menunjukkan harga t hitung adalah -8,183, lebih kecil dari harga t tabel (-8,183 < -2,005746) maka terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan (nyata). Dimana rata – rata hasil belajar siswa yang menggunakan booklet (89,5172) lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan modul (89,5172 ). Saran dari penelitian ini adalah (1) Guru dapat melakukan monitoring/pengawasan dan evaluasi secara intensif serta melakukan pendampingan pada siswa untuk memastikan bahwa siswa tersebut benar – benar telah mengikuti proses pembelajaran dengan baik. (2) Guru juga dapat memeberikan reward/hadiah kepada siswa yang berhasil meraih hasil belajar yang tinggi sehingga siswa akan lebih termotivasi dalam mengikuti pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul, Booklet, Sumber Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1 |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 10 Nov 2020 04:23 |
Last Modified: | 10 Nov 2020 04:23 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41224 |
Actions (login required)
View Item |