PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALITATION (TAI) DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI FLORA DAN FAUNA


SA’ADATUL AIMMAH, 3201415045 (2020) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALITATION (TAI) DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI FLORA DAN FAUNA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALITATION (TAI) DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI FLORA DAN FAUNA]
Preview
PDF (PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALITATION (TAI) DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI FLORA DAN FAUNA) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa turut ditentukan oleh model pembelajaran yang digunakan dalam menyampaikan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran dan perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran yang biasa digunakan yaitu model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team asissted individualitation (TAI). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-exsperimental designs dengan desain one group pretest-posttest desigen Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di MAN 1 Kudus dan SMA Islam Sultan Agung 3. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling,. Sehingga diperoleh kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, dan uji t. Rencana pelaksanaan pembelajar model pembelajaran TAI dikelas XI IPS 4 MAN 1 mendapat skor 90% sedangkan pada kelas XI IPS 2 di SMA Islam Sultan Agung 3 mendapatkan skor nilai 87%. Yang temasuk kategori sangat baik. Pelaksanaan pembelajaran dengan model TAI juga mendapatkan skor dengan kategori sangat baik. Dan untuk aktivitas siswa selama pembelajaran juga tergolong sangat aktif. Rencana pelaksanaan pembelajar model pembelajaran Konvensional dikelas XI IPS 42MAN 1 danpada kelas XI IPS 1 di SMA Islam Sultan Agung 3 mendapat skor dengan kategori sangat baik. Pelaksanaan pembelajaran dengan model konvensional mendapatkan skor dengan kategori sangat baik. Dan untuk aktivitas siswa selama pembelajaran juga tergolong aktif. Dari hasil uji beda dua rata-rata diketahui bahwa kedua model pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Akan tetapi model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu siswa juga lebih aktif jika diberikan model Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Asissted Individualitation (TAI) mendapatkan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar model pembelajaran konvensional. Sehingga pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat dijadikan alternatif pelaksanaan pembelajaran geografi dikelas. Selain model pembelajaran tipe TAI juga dapat ditepkan model pembelajaran kooperatif tipe lainya agar lebih bervariasi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Konvensional, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Asissted Individualitation, Hasil Belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 Nov 2020 04:12
Last Modified: 10 Nov 2020 04:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41221

Actions (login required)

View Item View Item