PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MATERI INTERAKSI MANUSIA TERHADAP LIGKUNGAN SISWA KELAS V SDN 1 TODANAN


Rini Wulandari, 1401416450 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MATERI INTERAKSI MANUSIA TERHADAP LIGKUNGAN SISWA KELAS V SDN 1 TODANAN. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416450.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar ulangan harian IPS K.D 3.2 materi interaksi manusia terhadap lingkungan. Hal ini terjadi karena belum adanya media yang digunakan pada pembelajaran tersebut. Selain itu pembelajaran berpusat pada guru. Guru menggunakan model direc instruction dengan metode diskusi, dan penugasan saja sehingga siswa kurang memahami materi yang diberikan oleh guru. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa media Monopoli Interaksi Manusia Terhadap Lingkungan untuk pembelajaran IPS K.D 3.2 pada siswa SD kelas V. Responden dalam pengembangan ini terdiri atas dosen ahli materi, dosen ahli media, guru kelas V sekolah dasar, dan siswa kelas V SDN 1 Todanan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian media Monopoli Interaksi Manusia Terhadap Lingkungan kepada para ahli memperoleh nilai 97,5% untuk ahli materi dan 100% untuk ahli media. Untuk hasil uji coba kelompok kecil memperoleh nilai rata-rata 60 pada pre-test sedangkan pada post-test nilai rata-rata meningkat menjadi 82,65. Pada perhitungan dengan uji n-gain juga terjadi peningkatan rata-rata nilai yaitu 0,566176. Simpulan dari penelitian ini adalah media monopoli efektif dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran IPS materi interaksi manusia terhadap lingkungan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, monopoli, interaksi manusia terhadap lingkungan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 10 Nov 2020 04:08
Last Modified: 10 Nov 2020 04:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41220

Actions (login required)

View Item View Item