PERAN WARGA SEKOLAH DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP MELALUI PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA DI SMP N 31 SEMARANG


Tri indriyana, 3201415022 (2020) PERAN WARGA SEKOLAH DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP MELALUI PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA DI SMP N 31 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERAN WARGA SEKOLAH DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP MELALUI PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA DI SMP N 31 SEMARANG]
Preview
PDF (PERAN WARGA SEKOLAH DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP MELALUI PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA DI SMP N 31 SEMARANG) - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

SMP N 31 Semarang sudah mendapat penghargaan sebagai sekolah adiwiyata tingkat kota pada tahun 2015, tingkat provinsi tahun 2016, tingkat nasional tahun 2018. Seluruh warga sekolah memiliki perannya masing-masing dalam menerapkan pendidikan lingkungan hidup melalui berbagai program adiwiyata yang dibentuk oleh sekolah. Tujuan dari penelitian ini untuk 1) mengetahui peran warga sekolah dalam menerapkan pendidikan lingkungan hidup 2) mengetahui tingkat kepedulian siswa terhadap lingkungan hidup 3) mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat program adiwiyata. Objek penelitian ini adalah warga sekolah yang terdiri dari siswa, guru, waka, kepala sekolah, pegawai tata usaha, petugas kebersihan dan pengelola kantin. Metode pengambilan sampel menggunakan proportionate random sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang dilakukan secara berimbang dan acak dari seluruh populasi. Teknik pengumpulan data berupa : angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan deskriptif persentase dan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa peran warga sekolah untuk menerapkan pendidikan lingkungan hidup sudah baik. Hal ini dikarenakan seluruh anggota sekolah sudah berpartisipasi dalam menjalankan kebijakan sekolah dan sudah melaksanakan tugas serta kewajibannya dengan baik. Tingkat kepedulian siswa terhadap lingkungan yang sangat tinggi, yaitu memiliki rata-rata nilai sebesar 65,64. Apabila dilihat dari setiap indikator yang pertama pengelolaan sarana prasarana yang ramah lingkungan didapatkan nilai rata-rata 71,29 yang tergolong sangat tinggi, pelaksanaan kegiatan lingkungan yang berbasis partisipatif 63,39 tergolong tinggi, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan mendapat nilai rata-rata sebesar 70,75 tergolong kriteria sangat tinggi. Kesimpulan dari peneitian ini adalah warga sekolah sudah berpartisipasi dengan baik dan tingkat kepedulian siswa yang cukup tinggi. Saran dari peneliti adalah pengelolaan lingkungan hidup perlu ditingkatkan lagi terutama dalam perawatan tanaman pihak sekolah hendaknya mengadakan program evaluasi secara terencana dan berkala agar mengetahui kekurangan dalam pelaksanaan adiwiyata di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Program Adiwiyata, Peran Warga Sekolah, Pendidikan Lingkungan Hidup.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 Nov 2020 03:51
Last Modified: 10 Nov 2020 03:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41215

Actions (login required)

View Item View Item