PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GREEN SCIENCE BOARD GAME (GREECEBOME) PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA


Devita Roesikusuma Putri, 4001416039 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GREEN SCIENCE BOARD GAME (GREECEBOME) PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 4001416039.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis kelayakan Media Greecebome dan mengetahui pengaruhnya terhadap minat belajar siswa. Penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (RnD) dari Sugiyono (2015). Dengan subjek penelitian yaitu 11 siswa SMP. Metode pengambilan data yang digunakan adalah metode observasi dan angket. Data kelayakan, minat belajar siswa, dan tanggapan guru diperoleh menggunakan angket. Data analisis menggunakan Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase kelayakan media oleh ahli media yaitu 91% dengan kategori sangat layak dan rata-rata persentase kelayakan media oleh ahli materi yaitu 88,75% dengan kategori sangat layak. Media Greecebome dinyatakan sangat layak digunakan dalam penelitian setelah dilakukan revisi sesuai dengan saran dari validator. Hasil penilaian minat belajar dari 11 siswa menunjukkan rata-rata persentase yaitu 94% dengan kategori minat belajar sangat tinggi dan hasil penilaian dari 3 guru pengampu IPA menunjukkan rata-rata persentase 96,88% dengan kategori sangat baik. Dari hasil penilaian dapat disimpulkan bahwa Media Greecebome merupakan media pembelajaran yang sangat layak digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran di kelas pada materi pencemaran lingkungan dan mampu mendorong minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Board Game, Pencemaran Lingkungan, Minat Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 10 Nov 2020 01:59
Last Modified: 10 Nov 2020 01:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41198

Actions (login required)

View Item View Item